get app
inews
Aa Read Next : Naik Gerobak Sapi, Ganjar Diarak Ratusan Ribu Warga Keliling Solo Tempat Lahir Gibran

Erick Thohir Dikabarkan Dampingi Ganjar dalam Pilpres Mendatang, Sosoknya Dekat Ormas Terbesar

Minggu, 02 Juli 2023 | 22:11 WIB
header img
Menteri BUMN Erick Thohir Dikabarkan Dampingi Ganjar dalam Pilpres Mendatang, Sosoknya Dekat dengan Ormas Terbesar di Indonesia. Foto iNewsSurabaya/Okezone

JAKARTA, iNewsSurabaya.id – Sosok pendamping Calon Presiden (Capres) PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo masih misterius. Menteri BUMN Erick Thohir di gadang-gadang mendampingi Ganjar, bahkan Ormas besar di Indonesia juga bakal merekomendasikannya. 

Kabar ini tersiar karena Erick tengah dekat dengan salah satu Ormas tersebut. Selain itu, Erick dinilai cocok untuk mendampingi Ganjar untuk meneruskan kebijakan-kebijakan dari Presiden RI Joko Widodo. 

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah mengatakan, kedua tokoh tersebut sarat akan potensial untuk dipasangkan karena saling melengkapi.

Ganjar-Erick dinilai saling melengkapi dari segi elektoral maupun kepemimpinan jika diberikan amanah oleh masyarakat Indonesia di kontestasi demokrasi mendatang.

"Duet Ganjar Pranowo dengan Erick Thohir itu saling melengkapi satu sama lain," kata Dedi, Minggu (2/7/2023).

Ia menjelaskan, baik Ganjar dan Erick memiliki karakteristik masing-masing dan latar belakang berbeda. Namun, hal tersebut saling menguntungkan satu sama lain.

"Ganjar sejauh ini berhasil berperan sebagai tokoh yang muncul dari bawah. Ia berhasil membalikkan citra ya sebagai yang merakyat. Sementara Erick, dari kelas elite yang mungkin bisa imbang target suara jika disandingkan dengan Ganjar," kata Dedi.

Bicara soal karakter kepemimpinan, Ganjar Pranowo merupakan pemimpin bercorak nasionalis. Sementara Erick Thohir merupakan pemimpin yang bercorak religius sebagai kader dari Nahdlatul Ulama (NU).

Karena itu, duet Ganjar-Erick memiliki elektabilitas cukup tinggi jika disandingkan sebagai capres dan cawapres. Misalnya saja di survei (IPO) periode 5 - 13 Juni 2023, dalam hasil pasangan capres dan cawapres, pasangan Ganjar-Erick mendapatkan torehan hasil 26,8 persen.

Sementara itu, di survei lain seperti SMRC pada Mei 2023 sudah ada beberapa nama cawapres potensial untuk dipasangkan dengan Ganjar Pranowo. Cawapres yang mendapat urutan pertama adalah Erick Thohir dengan angka 19,4 persen, lalu Sandiaga Uno 14,3, dan Mahfud MD 13,2 persen.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut