get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Anggota PPS Kedungdoro Ditolak Puskesmas Saat Berobat, Ini Fakta Sebenarnya

Minggu, 09 Juli 2023 | 18:37 WIB
header img
Anggota PPS Kedungdoro dikabarkan Ditolak Puskesmas Saat Berobat. Foto iNewsSurabaya/ist

Kepala Puskesmas Kedungdoro lantas menjelaskan fakta sebenarnya terkait pasien berinisial DR yang berobat tersebut. Awalnya, pasien DR datang ke Puskesmas Kedungdoro diantar menggunakan mobil patroli Polisi pada 7 Juli 2023.

"Saat tiba itu sudah dilakukan pemeriksaan oleh dr Yoga. Hasil pemeriksaan didapatkan KU (Keadaan Umum) lemah, GCS (Glasgow Coma Scale) 5-6, arteri karotis teraba lemah dan nadi 58x/menit," bebernya.

Berdasarkan pemeriksaan GCS terhadap pasien DR, Kepala Puskesmas mengungkap, bahwa hasilnya menunjukkan angka 5-6. Dimana angka tersebut menunjukkan jika pasien tidak bisa merespons pertanyaan dengan benar. "GCS merupakan skala yang digunakan untuk mengukur tingkat kesadaran pasien, dengan cara menilai respon pasien terhadap rangsangan," jelas dr Diah.

dr Diah menyatakan, jika pasien kemudian disarankan agar dirujuk ke rumah sakit. Namun, karena saat itu driver ambulance Puskesmas Kedungdoro ada jadwal Tim Gerak Cepat (TGC), sehingga tidak ada yang mengantar.

"Pasien disarankan oleh dr Yoga untuk dirujuk ke Rumah Sakit Pusura. Pada hari itu kebetulan ada (piket) jadwal TGC, sehingga kami tidak ada driver," katanya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut