get app
inews
Aa Read Next : Eri Tegaskan Tetap Bersanding dengan Armuji di Pilwali Surabaya, Pintu Calon Partai Lain Tertutup!

Festival Peneleh, Upaya Hidupkan Sejarah Majapahit hingga Pahlawan Perjuangan yang Mulai Luntur

Minggu, 09 Juli 2023 | 18:51 WIB
header img
Festival Peneleh sebagai upaya untuk menghidupkan sejarah yang mulai hilang fi era digitalisasi. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Festival Peneleh menjadi penanda akan hidupnya sejarah masa lalu. Di Peneleh diketahui sebagai lokasi penuh dengan perjuangan, Majapahit mencatatkan diri pernah menghiasi Peneleh, Sunan Ampel, hingga kisah perjuangan Soekarno tak bisa lepas dari Peneleh. 

Melihat sejarah panjang ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Bank Indonesia (BI) Jawa Timur dan  Komunitas Begandring Soerabaia menggelar Festival Peneleh 2023. Kegiatan yang dikemas sebagai Festival Pesta Rakyat ini, merupakan rangkaian dari gelaran Java Coffee Culture 2023.

Dalam gelaran Festival Peneleh 2023, terdapat berbagai rangkaian acara menarik. Seperti pasar rakyat, layar tancap, dan Peneleh Heritage Track. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan nilai sejarah, serta menjadi ajang promosi Kampung Wisata Sejarah Peneleh sebagai destinasi wisata batu di Kota Surabaya. 

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi hadir bersama istri, Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Jatim Doddy Zulverdi beserta istri, dan Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono beserta jajarannya turut menikmati suasana pasar rakyat. Mereka takjub dengan beragam penampilan menarik yang disuguhkan oleh warga di kawasan Kampung Wisata Sejarah Peneleh.

Wali Kota Eri menyampaikan terima kasih kepada Bank Indonesia, Komunitas Begandring Soerabaia, serta seluruh masyarakat yang terus bergotong-royong dalam upaya mengenalkan pengembangan Kampung Wisata Sejarah di  Kota Pahlawan. 

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Bank Indonesia yang telah mengadakan Festival Peneleh 2023 dengan Java Coffee Clusternya. Saya juga berterima kasih dengan Komunitas Begandring Soerabaia yang terus bersinergi dengan Pemkot Surabaya,” kata Wali Kota Eri, Sabtu (8/7/2023).

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut