get app
inews
Aa Read Next : Bidang Pidum Kejari Surabaya Sediakan RJ CAR bagi Pencari Keadilan

Barang Bukti Sabu Seberat 11,5 Kilogram Dimusnahkan Kejari Surabaya

Rabu, 12 Juli 2023 | 18:48 WIB
header img
Kejari Surabaya melakukan pemusnahan barang bukti ini digelar di halaman belakang kantor Kejari Surabaya, Jalan Sukomanunggal. Foto/Lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya menggelar pemusnahan barang bukti sabu seberat 11,5 kilogram (kg), 1,35 kg ekstasi, pil dobel L sebanyak 37.259 butir, handphone sebanyak 80 buah serta rokok tanpa cukai sebanyak 155 bal.

Kegiatan pemusnahan barang bukti ini digelar di halaman belakang kantor Kejari Surabaya, Jalan Sukomanunggal. Untuk barang bukti sabu, dimusnahkan dengan cara di bakar menggunakan mobil incerator milik BNN. Sedangkan handphone dihancurkan dengan menggunakan palu. 

Kepala Kejari Surabaya, Joko Darmawan mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan ini diperoleh dari 108 perkara yang sudah diputus oleh pengadilan dan telah inkrah atau berkekuatan hukum tetap.

Barang bukti yang musnahkan ini para pelakunya sudah menjalani masa hukuman. Hal itu kemudian ditindaklanjuti dengan pemusnahan barang bukti. 

"Barang bukti dimusnahkan untuk mengantisipasi penyalahgunaan barang bukti," katanya, Rabu (12/7/2023).

Joko menambahkan, pemusnahan ini juga merupakan salah satu tugas jaksa dalam melaksanakan putusan pengadilan. Barang bukti yang dimusnahkan merupakan hasil pengumpulan mulai dari bulan Maret hingga Mei tahun 2023 atau triwulan. 

"Dalam setiap triwulan kami menggelar pemusnahan barang bukti," terangnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut