get app
inews
Aa Read Next : Rayakan 70 Tahun Diplomasi Indonesia-Finlandia, Nola Learning Center Gelar Acara JOY of LEARNING

Bakal Diresmikan Presiden RI ke-5, Kebun Raya Mangrove Surabaya Masih Belum Sempurna, Ini Kondisinya

Selasa, 25 Juli 2023 | 15:55 WIB
header img
Besok rencana nya Presiden RI ke-5 akan meresmikan Kebun Raya Mangrove Surabaya. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kebun Raya Mangrove di pesisir daerah Gunung Anyar, Surabaya bakal diresmikan. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi melakukan pengecekan untuk memastikan kondisinya secara detail. 

"Jadi kita siapkan jalur nanti ketika diresmikan, maka ada titik dulu pemberhentian yang di sana akan bercerita mangrove yang ada di lokasi ini. Ada 57 spesies, terus tahapannya apa yang kita lakukan, baru kita akan melintasi mangrove," kata Wali Kota Eri usai peninjauan.

Namun demikian, Wali Kota Eri menyatakan, bahwa yang pasti keberadaan Kebun Raya Mangrove selain menjadi tempat edukasi dan pariwisata, juga memiliki manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar. Dimana konsep ekonomi yang diusung nantinya akan sama seperti Romokalisari Adventure Land.

"Nanti hasilnya juga akan diberikan kepada masyarakat, seperti Romokalisari. Jadi insyaallah akan ada pengembangan oleh masyarakat dan komunitas yang hasilnya bisa mengurangi kemiskinan," katanya.

Wali Kota Eri mengungkapkan bahwa mangrove bisa diolah menjadi beragam bahan pangan atau minuman. Seperti di antaranya dibuat selai atau sari minuman. Nah, dalam pengembangannya, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggandeng Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

"Alhamdulillah, kita hari ini rapat dengan BRIN dan direktur yang membidangi terkait mangrove ini dan saya matur nuwun (terima kasih). Sehingga mangrove ini bisa diresmikan menjadi Kebun Raya Mangrove pertama di Indonesia," jelasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut