get app
inews
Aa Read Next : Mudik Asyik BUMN 2024, PT Pegadaian XII Surabaya Berangkatkan 200 Orang, Ini Rutenya

Sekolah SAIQ Al Hikmah Banyuwangi, Tempat Belajar Siswa dengan Cara Unik, Cinta Alam dan Al Quran

Rabu, 26 Juli 2023 | 07:40 WIB
header img
Siswa sekolah SAIQ Banyuwangi melepas tukik di Pantai Gumuk Banyuwangi, Jawa Timur. Foto iNewsSurabaya/arif

BANYUWANGI, iNewsSurabaya.id – Sekolah Alam Insan Qurani (SAIQ) Al Hikmah menjadi rujukan tempat pendidikan di Banyuwangi, Jawa Timur. Sekolah ini memiliki proses pendidikan berbeda dari biasanya, siswanya diminta untuk lebih mandiri, kreatif, dan inovatif dengan memanfaat media alam sekitar dengan baik.

Sekolah yang baru berdiri setahun lalu ini telah diserbu banyak siswa. Untuk pendaftaran tahun 2023, ada sekitar 60 hingga 70 siswa mendaftar. Mereka tertarik dengan SAIQ karena pembelajaran yang diberikan berbeda. Sementara siswa lebih enjoi dalam menerima transfer ilmu dari pendidik, guru sangat dekat dengan murid.

Kondisi tersebut terlihat dalam  Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di sekolah. Siswa datang ke lingkungan sekolah diantar orang tuanya, mereka disambut dengan senyuman oleh ustadzah atau guru. Siswa langsung diajarkan untuk berdoa dan membacakan ayah-ayat suci Al Quran di depan sekolah.

Tak hanya itu, siswa juga dibawa ke Pantai Gumuk Kantong untuk melakukan aktivitas pembelajaran ditengah alam. Mereka diajarkan untuk mengenal lingkungan pantai, mulai melepas anak penyu atau tukik ke laut lepas. Proses pelepasan penyu dilakukan dengan gembira, anak-anak diminta untuk berkumpul dan memegang tukik yang akan dilepas ke pantai.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut