get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Filipina Akui Kehandalan Kapal Perang Karya PT PAL Indonesia

Dua Kapal Buatan PT PAL Siaga di KTT ASEAN Summit 2023

Kamis, 07 September 2023 | 17:27 WIB
header img
Kapal perang jenis kapal cepat rudal (KCR) 60meter dan kapal rumah sakit siaga di KTT ASEAN Summit 2023. Foto/PAL

JAKARTA, iNewsSurabaya.id - Dua kapal Buatan PT PAL siaga di KTT ASEAN Summit 2023. Dua kapal tersebut yakni kapal perang jenis kapal cepat rudal (KCR) 60meter dan kapal rumah sakit 

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43, Asean Summit 2023 digelar di Plenary Hall, Jakarta Convention Hall (JCC) sejak 5 September 2023 hingga 7 September 2023, menghadirkan para pejabat tinggi negara anggota ASEAN diantaranya yakni Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Timor Leste, dan tentunya Indonesia selaku tuan rumah.

KCR 60meter KRI Kerambit-627 dan Kapal Rumah Sakit KRI dr.Radjiman Wedyodiningrat-992 bersama jajaran kapal perang dan armada lainnya kembali disiagakan, guna mengamankan dan memastikan kelangsungan KTT Asean Summit 2023 berjalan dengan lancar. 

Dikutip dari laman resmi TNI, telah menyiagakan Satuan Tugas Laut (satgasla) di perairan Jakarta-Banten bersama state of the art PT PAL Indonesia Kapal Cepat Rudal 60m KRI Kerambit-627 serta Kapal rumah sakit KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 yaitu KRI John Lie -358 (JOL), KRI Sultan Iskandar Muda -367 (SIM), KRI Barakuda -814 ( BKD), KRI Wiratno- 379 (WIR), dan 2 unit HS (heli serang) jenis Panther dan 2 Sea Rider

KRI Kerambit-627 merupakan KCR 60meter ke-4 besutan PAL yang dilengkapi dengan persenjataan meriam utama kaliber 57mm jenis Mk3, serta didukung dengan senjata kaliber 20mm dan rudal permukaan. 

Kapal perang yang dari desain, proses produksi, instalasi hingga integrasi sistem pengindraan dan persenjataannya dilakukan oleh bangsa Indonesia ini telah menjadi produk andalan PAL, khususnya dalam mendukung pertahanan dan keamanan perairan di Indonesia. 

“PT PAL Indonesia merasa terhormat karena produk unggulannya dapat ikut serta dalam mengamankan acara tingkat Internasional ini. Dengan produk PT PAL ini dapat menunjukan bahwa Indonesia juga memiliki sistem pertahanan laut yang kuat dengan teknologi canggih yang mengemban tugas untuk dapat mengamankan perairan Indonesia," kata COO PT PAL Indonesia Iqbal Fikri.

Kelengkapan persenjataan pada KRI Kerambit-627 selain sebagai upaya pemenuhan Minimum Essential Force (MEF), juga memberi efek gentar bagi musuh yang akan mengancam keamanan perairan Indonesia. 

Dalam menunjang performa yang optimal, KRI Kerambit-627 telah di desain dan dilengkapi dengan fin stabilizer yang mampu menjaga stabilitas kapal khususnya dalam melakukan manuver, serta didukung dengan adanya interceptor pada bagian belakang kapal yang dapat mengurangi trim, saat kapal menempuh kecepatan tinggi. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut