get app
inews
Aa Read Next : Ajak Transaksi Cashless, BRI BO Kapas Krampung Gelar Bazar Ramadhan di Pasar Nambangan

Pengabdian Masyarakat, Fakultas Farmasi Unair Ajarkan Peningkatan Kualitas dan Pemasaran Produk UMKM

Sabtu, 30 September 2023 | 22:08 WIB
header img
Fakultas Farmasi Universitas Airlangga mengadakan kegiatan pengabdian yang pada kali ini menyasar para kader PKK Kecamatan Rungkut, Surabaya. Foto/Istimewa

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu unsur Tridharma Perguruan Tinggi. Dalam rangkaian acara Dies Natalis ke 60, Fakultas Farmasi Universitas Airlangga kembali mengadakan kegiatan pengabdian yang pada kali ini menyasar para kader PKK Kecamatan Rungkut, Surabaya.

Kegiatan yang dilaksanakan tanggal 29 September 2023 di balai RW 04 Kelurahan Penjaringan Sari, Kecamatan Rungkut, Surabaya ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan pemasaran minuman kesehatan berbasis bunga telang.

Bunga telang dengan nama latin Clitoria ternatea adalah bunga yang memiliki beragam aktivitas farmakologi yang baik untuk kesehatan karena kaya kandungan antosianin.

Bunga Telang yang kaya manfaat ini bisa digunakan sebagai minuman kesegaran dan kesehatan, serta meningkatkan perekonomian warga karena memiliki nilai jual yang tinggi.

Kecamatan Rungkut Surabaya khususnya RT 11 RW 04 Penjaringan Sari telah memiliki Kawasan Wisata baru yaitu Kampung Telang Penjaringan (KTP).

Tinginya animo Masyarakat menanam bunga telang telah berbuah manis, dengan diluncurkannya Kawasan wisata ini.

Menurut Ketua RT 11 RW 04, Abdul Rahman, bunga telang yang tumbuh subur hampir di semua pekarangan rumah warga, dipanen, dikeringkan dan dimanfaatkan untuk membuat aneka minuman kesehatan yang dijual belikan di kalangan pengunjung Kampung Wisata Telang.

"Kami  juga memiliki UMKM yaitu Paguyuban Sewelas yang memproduksi minuman yang dibuat dari bunga telang," kata dia.

 Produk telang, lanjutnya, sangat prospektif, namun karena terbatasnya tenaga produksi dan kesulitan menyimpan produk, maka produk hanya dibuat berdasarkan pesanan yang masuk. Sehingga belum sampai pemasaran berskala besar.

“Kami kesulitan menyimpan bahan baku karena walaupun sudah dikeringkan di bawah sinar matahari, bunga telang menjadi cepat membusuk dan berjamur,"  tambahnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut