get app
inews
Aa Read Next : Naik Gerobak Sapi, Ganjar Diarak Ratusan Ribu Warga Keliling Solo Tempat Lahir Gibran

Ganjar Gandeng Mahasiswa Kembangkan Ekonomi Biru dan Hijau, Ini Caranya

Senin, 16 Oktober 2023 | 21:34 WIB
header img
Ganjar Gandeng Mahasiswa Kembangkan Ekonomi Biru dan Hijau. Foto iNewsSurabaya/ist

MALANG, iNewsSurabaya.id - Ribuan mahasiswa perguruan tinggi se-Malang Raya sambut meriah kedatangan Ganjar Pranowo di kampus Universitas Negeri Malang (UM), Senin (16/10/2023). Mereka berdiri dari tempat duduk bergegas mengarahkan kamera handphone sambil berteriak memanggil nama mantan Gubernur Jawa Tengah itu. 
 
Ganjar yang hadir mengenakan kemeja putih itu untuk memberikan kuliah kebangsaan bertema "Kreatifitas dan produktifitas generasi muda untuk Indonesia Emas 2045". Antusiasme mahasiswa dimanfaatkan Ganjar untuk memotivasi agar mahasiswa turut ambil peran dalam pengembangan ekonomi biru dan hijau. 
 
Di hadapan 4.000 mahasiswa baru dan juga dari perguruan tinggi lain, Ganjar memaparkan data Kemenkeu yang menunjukkan bahwa tahun 2022 hanya 2,8 persen kontribusi kelautan dan perikanan pada Produk Domestik Bruto (PDB). Padahal, kata Ganjar, sebanyak 62 persen wilayah Indonesia adalah laut. 
 
Sehingga generasi muda bisa memanfaatkan peluang pengembangan ekonomi biru ini untuk mewujudkan sustainable fishery dengan keahlian digitalnya. 
 
"Maka penangkapan ikan harus terukur. Dunia digital bisa melakukan itu, bagaimana seluruh instrumen kita gunakan dan akhirnya kita akan wise,” kata Ganjar. 
 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut