get app
inews
Aa Read Next : Hadiri Audiensi, Duta Pariwisata Jatim Dapat Motivasi untuk Maju ke Tingkat Nasional

Angeline Wong Wakili Jatim di Parlemen Remaja, Angkat Isu Pentingnya Remaja Taat Hukum

Selasa, 17 Oktober 2023 | 09:48 WIB
header img
Angeline Virginia Wong saat berada di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI). Foto/Dok Pribadi

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Mengalahkan ribuan peserta, Angeline Virginia Wong (15) berhasil mewakili Jawa Timur dalam ajang Parlemen Remaja yang dihelat secara nasional oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI).

Remaja kelahiran Desember 2007 ini terlibat langsung dalam simulasi sidang paripurna yang kala itu digelar di kantor DPR RI.

Mengusung sederet isu, Angeline ingin mewakili suara para remaja, dan pandangan-pandangan terhadap pemerintahan serta Undang Undang KUHP yang baru saja disahkan.

"Pasti sangat senang. Angeline akhirnya mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan suara-suara dan pendapat remaja Indonesia, sekaligus bisa bertemu dan menambah teman yang luar biasa dari sabang sampai merauke," kata Angeline.

Dalam kegiatan tersebut, Angeline menuturkan, Parlemen Remaja berperan sebagai Komisi III yakni melakukan kunjungan kerja, rapat dengar pendapat umum (RDPU), rapat panitia kerja (panja), rapat kerja (Raker), serta rapat paripurna yang disimulasikan.

"Kemarin kegiatannya yang paling seru saat simulasi sidang paripurna. Jadi kami para peserta dibagi ke dalam beberapa fraksi dan Angeline di Fraksi Mataram sekaligus menjadi ketuanya," jelas siswi kelas X SMA Ciputra tersebut.

Parlemen Remaja tahun ini, lanjut Angeline, mengangkat DIM mengenai hukum pidana mati, DIM 857 mengenai penghinaan presiden, DIM 1001 mengenai pengadaan Pawai.

"Angeline dan Fraksi Mataram menyetujui ditetapkannya RUU tersebut. Karena kami sadar, pentingnya peraturan untuk menjaga ketertiban masyarakat, sekaligus memajukan suatu bangsa," ujarnya.

Angeline mengatakan, ia dan peserta lain juga melakukan kunjungan ke Pengadilan Negeri Bogor, dan disambut oleh Ketua dan Wakil Pengadilan Negeri Bogor sekaligus Hakim dari Pengadilan Negeri Bogor.

Angeline dan Fraksinya juga menjalani semua rapat yang ada sekaligus membahas RUU KUHP bersama semua Anggota Dewan Parlemen Remaja lainnya.

Atas prestasinya, Angeline mendapatkan kesempatan untuk hadir langsung di acara Sidang Paripurna DPRD Jawa Timur dalam rangka peringatan hari jadi Jawa Timur yang ke-78, Kamis (12/10/2023) kemarin.

"Ir Soekarno pernah berkata, 'Berilah aku 10 pemuda, maka akan kuguncangkan dunia. Angeline berharap kedepannya dapat menjadi bagian DPR RI sesungguhnya, mewakili suara rakyat, dan memajukan Indonesia," ucapnya.

Dari total 9.996 pendaftar ada 134 peserta yang terpilih dalam agenda Parlemen Remaja tersebut. Pendaftarnya adalah remaja SMA dari berbagai provinsi di Indonesia.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut