get app
inews
Aa Read Next : Pimpinan Imigrasi Perak Berubah, Verico Sandi Serahkan Tongkat Komando kepada I Gusti Bagus

Clearance, Pastikan Penumpang yang Melintas di TPI Juanda Merasa Lebih PASTI

Selasa, 24 Oktober 2023 | 20:16 WIB
header img
Petugas imigrasi melakukan pemeriksaan detail paspor yang diduga palsu dengan terintegrasi dari ruang clearance. Foto/Istimewa

SURABAYA, iNewsSurabaya.id -  Inovasi terbaru diluncurkan Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI), Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, di Bandara Internasional Juanda.

Kini, TPI memiliki ruangan khusus yang disebut ruang Clearance, singkatan dari "Control Room And Lab Forensic Immigration Checkpoint". Yakni ruang kontrol yang berfungsi sebagai laboratorium forensik untuk memastikan keamanan proses pemeriksaan imigrasi di Bandara Internasional Juanda dengan menggabungkan pemeriksaan ketat dengan analisis forensik.

Saat ini Bandara Juanda melayani rata-rata 35 penerbangan internasional (datang dan pergi) dan 23 kali setiap minggu carter umroh. Jadi setiap hari sekitar 7.000 orang melintas per hari melalui Bandara Juanda.

Dengan adanya Clearance ini memungkinkan petugas Imigrasi Surabaya mendeteksi masalah lebih cepat, sehingga bisa mengambil tindakan segera.

"Ruangan ini membuat kinerja petugas Imigrasi dalam mengawasi perlintasan orang semakin efektif dan saling terintegrasi, cukup dari satu ruangan saja," kata Yudhistira Yudha, Kabid TPI Imigrasi Surabaya, Selasa (24/10/2023).

Saat ini, lanjutnya, petugas bisa mengawasi area Imigrasi di Bandara Juanda sehingga keamanan dan kenyamanan penumpang lebih dapat termonitor secara optimal.

Sebab, menurut Yudhistira, ruangan ini menjadi pusat pengawasan dan pemantauan oleh petugas dengan berbagai sistem, proses, dan lingkungan secara real time. Baik teknis maupun administrasi keimigrasian

"Jadi kami dapat dengan cepat memprsoses semua data, sehingga menyimpan dan menyajikan data menjadi efisien dan akuntabel," sambung Yudhistira.

Dia menambahkan, Clearance ini tidak hanya sekedar ruangan terpusat. Namun isi ruangan tersebut juga dibangun dengan pemikiran atau konsep yang mengusung smart digital. 

"Saat ini penyatuan seluruh sistem menunjang kinerja petugas di Tempat Pemeriksaan Imigrasi. Sistem ini dikelola menjadi satu yang dinamakan Im Smart," terangnya.

Secara keseluruhan, kata Yudhistira, ruang control terpusat memiliki peran krusial dalam mengoordinasikan, mengawasi, dan mengendalikan operasi atau sistem yang kompleks.

Dalam berbagai sektor, ruang tersebut membantu meningkatkan efisiensi, keamanan, dan kemampuan untuk merespons perubahan atau keadaan dengan lebih baik karena memanfaatkan kemajuan teknologi.

"Ini memberikan peluang untuk mengembangkan metode pemeriksaan yang lebih canggih dan analisis forensik yang lebih presisi serta penyajian data yang lebih cerdas," ungkapnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut