get app
inews
Aa Read Next : Kapal Pinisi Ayana Lako Dia Jalani Perawatan di PT PAL Indonesia

Menhan Prabowo Siap Kirim Kapal Rumah Sakit ke Palestina, Intip Kapal BRS Buatan PT PAL Indonesia

Senin, 13 November 2023 | 08:48 WIB
header img
Saat ini, Indonesia memiliki sejumlah kapal bantu rumah sakit, beberapa di antaranya adalah besutan PT PAL Indonesia. Foto/PT PAL

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menyatakan siap mengirim bantuan berupa kapal bantu rumah sakit milik TNI AL ke Palestina. Saat ini, Indonesia memiliki sejumlah kapal bantu rumah sakit, beberapa di antaranya adalah besutan PT PAL Indonesia.

Ada tiga Kapal Rumah Sakit Indonesia yang siap menjalankan misi mulia tersebut. Diantaranya KRI dr. Soeharso-990, KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991 dan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992. 

Dua KRI dengan nomor lambung 991 dan 992 merupakan murni karya anak bangsa Indonesia mulai dari desain hingga produksinya dilakukan oleh PT PAL Indonesia.

Kapal BRS KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991 dan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 adalah hasil pengembangan dari kapal perang jenis Landing Platform Dock (LPD). Dimana penguasaan produk ini merupakan keberhasilan insan PT PAL melalui transfer of technology (ToT) dengan perusahaan galangan kapal Korea Selatan. 

Adapun kapal LPD yang dibangun sebelum kapal Bantu Rumah Sakit, adalah LPD KRI Semarang-594, yang kemudian diubah menjadi kapal bantu rumah sakit kala itu untuk membantu tim medis menunjang fasilitas kesehatan saat pandemi Covid-19.

Kapal BRS buatan PT PAL Indonesia memiliki fasilitas kesehatan yang lengkap terlebih memiliki kapabilitas untuk melakukan 11 jenis operasi kesehatan dan siap untuk melaksanakan misi kemanusiaan. Adapun fungsi lain dari kapal BRS adalah sebagai posko kesehatan untuk mendukung layanan kesehatan dalam memberikan pertolongan medis.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut