get app
inews
Aa Read Next : Kisah Lika-Liku Narapidana Kasus Terorisme Lapas Kediri Ikrar Setia NKRI, Ini Ceritanya

Ikrar Setia NKRI, Tahanan Teroris Asal Merauke Ini Cium Bendera hingga Teteskan Air Mata

Senin, 13 November 2023 | 20:20 WIB
header img
Tahanan Teroris asal Merauke menyatakan setia pada NKRI. Foto iNewsSurabaya/ist

SIDOARJO, iNewsSurabaya.id - Narapidana kasus teroris, Suherman Bin Abdul Rahman, mantap menyatakan ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) hari ini (13/11). Pria asal Merauke ini mencium Bendera Merah Putih sambil meneteskan air mata. 

Napi ini juga memiliki catatan baik. Ia tercatat mengukir prestasi dengan menjadi Juara 3 Lomba Pidato Kebangsaan yang diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Kegiatan ikrar ini berlangsung di Aula Lapas Kelas IIA Sidoarjo. Pria yang divonis menjalani hukuman pidana selama 3 tahun 6 bulan ini memilih momen ini sebagai wujud kesetiaannya kepada NKRI. 

"Tadi sekitar pukul 10.00 hingga 11.00 WIB, narapidana Suherman telah menyatakan ikrar setia kepada NKRI," ujar Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono.

Suherman menyatakan berkomitmen untuk melepaskan baiat dari amir atau pemimpin kelompok jaringan organisasi radikalisme dan terorisme yang bertentangan dengan NKRI. Dan mengakui bahwa negara kesatuan Republik Indonesia adalah negara yang sah dalam pandangan islam dan mengakui bahwa Pancasila, UUD 1945 dan semboyan Bhineka Tunggal Ika tidak bertentangan dengan syariat islam.

"Suherman juga menyatakan bersedia mengikuti program pembinaan dan deradikalisasi yang diselenggarakan oleh lapas maupun instansi lainnya serta menaati semua peraturan yang ada di dalam lapas," terang Heni.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut