get app
inews
Aa Read Next : Wujudkan Lingkungan Bebas Sampah, LMI Gelar Aksi Resik Kali

Tumbuhkan Sadar Lingkungan, SMPIT Darul Fikri Belajar Tangani Sampah di Kampung Edukasi Sampah

Kamis, 16 November 2023 | 13:29 WIB
header img
Tumbuhkan Sadar Lingkungan, SMPIT Darul Fikri Belajar Tangani Sampah di Kampung Edukasi Sampah. Foto iNewsSurabaya/ist

SIDOARJO, iNewsSurabaya.id - Kampung Edukasi Sampah Sidoarjo menjadi rujukan pengelolaan sampah. Kali ini sebanyak 113 santri SMPIT Darul Fikri Sidoarjo melakukan kegiatan outing class dalam rangka mengenal gaya hidup berkelanjutan sebagai upaya menumbuhkan kesadaran lingkungan dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Rabu, 15 November 2023.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan sebuah inisiatif dalam rangka meningkatkan kesadaran para siswa dan siswi mengenai Pancasila sebagai dasar negara dan budaya bangsa Indonesia.

Salah satu fokus tema dalam P5 sendiri adalah gaya hidup berkelanjutan, kegiatan yang mengajak siswa dan siswi sekolah untuk memahami pentingnya hidup berkelanjutan dan menciptakan keseimbangan antara kebutuhan manusia dan kelestarian lingkungan.

Koordinator kader lingkungan Kampung Edukasi Sampah, Retno Mulyo mengatakan bahwa dalam kegiatan outing class dengan tema gaya hidup berkelanjutan P5 di Kampung Edukasi Sampah meliputi pembelajaran tentang pentingnya hidup berkelanjutan dengan melakukan upaya pemilahan sampah sejak dari rumah. 

“Para Siswa juga diedukasi dan melakukan praktek pengolahan (pengomposan) sampah organik secara mandiri maupun komunal dengan berbagai metode untuk mengurangi volume sampah organik, jelas Retno 

“Juga pengolahan air limbah rumah tangga yang dimanfaatkan sebagai sarana penyiraman tanaman serta pemanfaatan barang bekas (sampah anorganik) menjadi produk daur ulang”, tambah Retno.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut