get app
inews
Aa Read Next : Pengelola Akun Media Sosial Pelindo Marine Raih Penghargaan Bergensi SPS Awards 2024

Kapal Tunda Speed Turbo BUMD Dumai Perkuat Armada Pelindo Marines di Perairan Dumai

Jum'at, 01 Desember 2023 | 11:26 WIB
header img
Kapal Tunda (KT.) Speed Turbo melayani penundaan kapal kargo di perairan Pelabuhan Dumai, Dumai, Riau. Foto/Pelindo Marines

SURABAYA, iNewsSurabaya.id Kapal Tunda (tugboat/TB) Speed Turbo yang merupakan aset dari Pelabuhan Dumai Berseri akan dioperasikan untuk memperkuat armada Pelindo Marines dalam melayani jasa penundaan kapal di perairan Dumai.

Pengoperasian Kapal Tunda BUMD Dumai tersebut menyusul adanya kerja sama antara PT Pelindo Marine Service atau Pelindo Marines dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), PT Pelabuhan Dumai Berseri (Perseroda), terkait utilisasi kapal tunda untuk layanan penundaan di Perairan Wajib Pandu Kelas 1 Dumai, Kota Dumai, Provinsi Riau. 

Direktur Utama Pelindo Marines, Warsilan, mengungkapkan bahwa Pelindo Marines terus memperluas wilayah pelabuhan yang dilayani, termasuk dengan bersinergi bersama pelaku bisnis di daerah. 

“Sinergi antara anak perusahaan BUMN dengan BUMD ini merupakan inovasi model bisnis yang meningkatkan dampak ekonomi dan sosial, tak hanya untuk pelaku bisnis maritim di tataran nasional, tetapi untuk yang di daerah juga,” ujar Warsilan diSurabaya, Jumat (1/12/2023), 

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa kolaborasi Pelindo Marines dengan BUMD Pelabuhan Dumai Berseri akan tercipta kondisi yang saling menguntungkan dari sisi ekonomi dan sosial. 

Bagi Pelindo Marines secara ekonomi akan semakin memahami potensi pasar dalam cakupan lokal di perairan Dumai. Selain itu juga kebutuhan armada dipenuhi dengan aset kapal yang berbasis di lokasi. Sehingga lebih efisien, karena tidak perlu merelokasi kapal dari pelabuhan lain.

Dari sisi lain, Direktur Utama PT Pelabuhan Dumai Berseri (Perseroda), Lukman, pada kesempatan terpisah dari Dumai, membenarkan bahwa dari kerja sama tersebut akan ada banyak potensi transfer knowledge sebagai manfaat sosial terkait pengembangan kapabilitas sumber daya manusia (SDM). 

“Kru kapal TB. Speed Turbo dan pegawai Pelabuhan Dumai Berseri dapat mempelajari sistem operasional kapal yang lebih modern dan luas cakupannya dari Pelindo Marines. Dan yang terpenting, bagaimana memasarkan kapal agar utilisasi TB. Speed Turbo lebih tinggi, sehingga lebih menguntungkan,” kata Lukman.

Sebagi informasi, PT Pelindo Marine Service atau biasa disebut Pelindo Marines bagian dari grup usaha BUMN Pelabuhan Indonesia yang bergerak di bidang pelayanan jasa kapal. Layanan Pelindo Marines di antaranya yaitu jasa penundaan kapal di pelabuhan, operasional kapal pandu, jasa kapal tug-assist untuk operasional offshore, jasa perbaikan kapal, jasa keagenan kapal, dan lainnya. 

Pelindo Marines telah memiiki 3 anak perusahaan, yakni PT Alur Pelayaran Barat Surabaya yang mengelola layanan alur pelayaran serta revitalisasi alur dan kolam pelabuhan. Berikutnya PT Pelindo Energi Logistik di bidang layanan logistik energi. Kemudian PT Berkah Multi Cargo yang melayani transportasi multimoda.


 
 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut