get app
inews
Aa Read Next : Jadi Jawara New Comer Senator Perempuan Nasional, Cantiknya Ning Lia Bikin Baper

Bawaslu Ungkap Misteri Dana Pemilu 2024, Temukan Transaksi Mencurigakan, Pekan Depan Dibeberkan

Minggu, 17 Desember 2023 | 11:14 WIB
header img
Bawaslu akan mengungkap Misteri Dana Pemilu 2024 yang mencurigakan. Foto iNewsSurabaya/ist

JAKARTA, iNewsSurabaya.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI telah menerima laporan transaksi janggal Pemilu 2024 dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Antisipasi kejutan, Bawaslu akan merilis hasil pendalaman dalam jumpa pers pekan depan, sebagaimana diumumkan anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty, pada Sabtu malam.

Menurut Lolly, konpers tersebut direncanakan pada Rabu atau Kamis pekan depan, menyoroti laporan dana dari PPATK. "Kami tengah dalami informasi ini dengan hati-hati karena sangat sensitif," ungkapnya kepada wartawan.

Sebelumnya, PPATK telah mencatat peningkatan transaksi mencurigakan selama kampanye Pemilu 2024. 

Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana, mengungkapkan temuan transaksi ilegal setelah memantau data Daftar Caleg Sementara (DCT). 

Sebelumnya, PPATK menyebut adanya peningkatan transaksi mencurigakan selama masa kampanye Pemilu 2024. Sebaliknya, rekening khusus kampanye malah tidak terlihat adanya pergerakan alias flat.

“Kita menemukan memang peningkatan yang masif dari transaksi mencurigakan. Misalnya terkait dengan pihak-pihak berkontestasi yang kita dapatkan namanya, daftar calon tetap (DCT) itu kita udah dapat,” ujar Kepala PPATK Ivan Yustiavandana, kepada wartawan, Kamis (14/12/2023). 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut