get app
inews
Aa Read Next : Tadarus Politik Milenial, Gus Sadad Ladeni Pertanyaan Kritis Mahasiswa

Erick Thohir Bicara Pentingnya Kesiapan SDM Santri Menuju Indonesia Emas 2045 di Ponpes Tebuireng

Selasa, 06 Februari 2024 | 16:54 WIB
header img
Erick Thohir menyampaikan gagasannya di hadapan santri, ketika mengunjungi Pondok Pesantren Tebuireng di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (06/2/2024). Foto/Istimewa

JOMBANG, iNewsSurabaya.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengunjungi Pondok Pesantren Tebuireng di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (06/2/2024). Dalam kunjungannya, ia menegaskan pentingnya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) santri untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.

Erick mengungkapkan, sejauh ini pemerintah Jokowi telah memberikan perhatian yang cukup besar terhadap peningkatan SDM pesantren. Hal ini tercermin dari terbitnya Undang-undang nomor 18/2019 tentang Pesantren dan penetapan Hari Santri.

"Pak Jokowi sudah melahirkan UU Pesantren dan menetapkan Hari Santri, sudah ada komitmen luar biasa," tegas Erick di hadapan awak media, selepas dirinya berziarah ke Makam KH Abdurrahman Wahid yang berada di dalam komplek Ponpes Tebuireng Kabupaten Jombang. 

Sementara mengenai kualitas pendidikan pesantren, dia menyebut, pemerintahan Jokowi juga telah menggelontorkan beasiswa LPDP bagi santri yang berprestasi. Kebijakan ini kata dia, akan dilanjutkan.

"Saya juga akan mendorong LPDP itu sepuluh persen untuk pesantren," ujar Erick.

Ia mengatakan, upaya meningkatkan porsi anggaran pendidikan terutama pada program beasiswa bagi santri berprestasi sangat penting dilakukan. Sebab, akan turut mempercepat terwujudnya Indonesia Emas 2045.

"Generasi muda yang berbasis pesantren ini harus menjadi bagian justru bukan menjadi bagian tertinggalkan melainkan menjadi bagian yang menguatkan kita," tutupnya.

Untuk diketahui, kunjungan Erick Thohir ke Pondok Pesantren Tebuireng untuk menghadiri acara Mudzakarah Indonesia Maju untuk memberi pemaparan di hadapan ratusan santri dan santriwati pondok.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut