get app
inews
Aa Read Next : Bersama Presiden dan Jajaran Menteri, Hendy Setiono Serahkan Zakat ke Baznas di Istana Negara

Tumbuh Diatas 5 Persen, Ekonomi Indonesia Stabil dan Masuk Kategori Baik di Dunia

Jum'at, 09 Februari 2024 | 08:46 WIB
header img
Wakil Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Lana Soelistianingsih. Foto iNewsSurabaya/ist

JAKARTA, iNewsSurabaya.id - Wakil Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Lana Soelistianingsih, menegaskan bahwa meskipun ketidakpastian global terus berlangsung, perekonomian Indonesia tetap stabil. Salah satu faktor utamanya adalah permintaan domestik yang kuat dan performa investasi yang solid.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,04 persen pada kuartal IV 2023 dan 5,05 persen secara keseluruhan pada tahun 2023, menjadi salah satu yang terbaik di antara negara-negara G20. 

Proyeksi untuk tahun 2024 juga optimis, dengan diperkirakan pertumbuhan ekonomi masih akan mencapai lebih dari 5%, dengan baseline sekitar 5,12 persen.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam acara Bloomberg Technoz Economic Forum yang diadakan di Jakarta pada Rabu (7/2/2024).

Dia menambahkan, kinerja positif perekonomian Indonesia ini didukung oleh kinerja perbankan yang tetap solid. Intermediasi perbankan berjalan dengan baik yang ditopang oleh permodalan yang tebal dan rasio gagal bayar yang terjaga.

“Intermediasi perbankan terus tumbuh positif, per Desember 2023 kredit tumbuh 10,38 persen Year on Year sementara DPK tumbuh 3,73 persen YoY. Di sisi lain, per Desember 2023 NPL gross berada pada level yang terkendali sebesar 2,19 persen dan permodalan bank tetap kuat dengan CAR sebesar 27,69 persen.” Imbuhnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut