get app
inews
Aa Read Next : Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG Tetap Lancar Pasca Gempa di Laut Jawa Utara

Misteri Kecantikan Masjid Agung Tuban, Tersimpan Sejarah Majapahit Kuno yang Masih Terawat Indah

Kamis, 15 Februari 2024 | 09:02 WIB
header img
Masjid Agung Tuban masih Tersimpan Sejarah Majapahit Kuno. Foto iNewsSurabaya/ist

TUBAN, iNewsSurabaya.id - Masjid Agung Tuban bukan sekadar bangunan indah; ia juga menjadi penjaga sejarah yang kaya. Terletak di Alun-Alun Kota Tuban, Jawa Timur, masjid ini bukan hanya menyuguhkan keindahan arsitektur, tetapi juga menjadi saksi bisu perkembangan Islam sejak zaman Kerajaan Majapahit.

Dengan inspirasi dari Masjid Cordoba di Spanyol, arsitektur Masjid Agung Tuban memukau dengan pola lengkungan yang menghubungkan tiang-tiang penyangga, menciptakan ruang yang indah dengan kolom-kolom elegan. Sentuhan khas Nusantara tampak pada pintu dan mimbar yang diukir indah dengan motif Jawa, serta tangga dari kuningan pada sayap mihrab, menghadirkan keanggunan ornamen Jawa Klasik.

Namun, keistimewaan masjid ini tak berhenti pada arsitekturnya saja. Hanya beberapa langkah dari masjid, berdiri Museum Kembang Putih yang menyimpan harta bersejarah, mulai dari kitab Al-Quran kuno hingga artefak-arkeologis yang menggugah rasa ingin tahu.

Masjid Agung Tuban, awalnya dikenal sebagai Masjid Jami’ Tuban, bukan sekadar tempat ibadah, melainkan juga lambang semangat keagamaan masyarakat setempat. Didirikan pada masa pemerintahan Adipati Raden Ario Tedjo, atau lebih dikenal sebagai Syeh Abdurrahman, Bupati Tuban ke-7, pendirian masjid ini mungkin terjadi pada abad ke-15, mengingat masa pemerintahan Adipati Raden Ario Tedjo sekitar tahun 1401-1419.

Pada zaman Kerajaan Majapahit, Tuban memegang peran krusial sebagai pusat perdagangan internasional yang ramai, menarik pedagang dari berbagai belahan dunia, seperti Persia, Irak, dan India, yang membawa serta ajaran Islam. Tuban juga menjadi kabupaten pertama di bawah pemerintahan Majapahit yang bupatinya memeluk Islam.

Dalam perjalanan waktu, Masjid Jami’ Tuban berkembang menjadi Masjid Agung Tuban seperti yang kita kenal sekarang. Melalui serangkaian renovasi, masjid ini terus memancarkan keagungan dan keindahan sebagai penjaga sejarah dan tempat ibadah yang suci bagi umat Islam setempat.

Dikutip dari Okezone, tercatat renovasi pertama kali dilakukan pada 1894, yakni pada masa pemerintahan Raden Toemengoeng Koesoemodiko (Bupati ke-34 Tuban). Saat itu Raden Toemengoeng Koesoemodiko menggunakan jasa arsitek berkebangsaan Belanda, BOHM Toxopeus. Sebagaimana disebutkan dalam prasasti yang ada di depan masjid ini yang berbunyi :

“Batoe yang pertama dari inie missigit dipasang pada hari Akad tanggal 29 Djuli 1894 oleh R. Toemengoeng Koesoemodiko Boepati Toeban. Inie missigit terbikin oleh Toewan Opzicter B.O.H.M. Toxopeus.”

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut