get app
inews
Aa Read Next : Dukung Timnas Indonesia U-23, Remas Masjid Al Falah Cimon Sidoarjo Gelar Doa Bersama

Inovasi Baru Lapas Surabaya, Budidaya Alpukat untuk Penuhi Kebutuhan Masyarakat yang Ingin Diet

Rabu, 21 Februari 2024 | 16:29 WIB
header img
Lapas Surabaya lakukan Budidaya Alpukat Aligator Jumbo untuk Penuhi Kebutuhan Masyarakat yang Ingin Diet. Foto iNewsSurabaya/ist

SIDOARJO, iNewsSurabaya.id - Alpukat telah menjadi primadona di Indonesia, terutama di tengah maraknya tren diet. Untuk merespons permintaan pasar yang melonjak, Lapas I Surabaya mengambil langkah progresif dengan memberikan pelatihan budidaya Alpukat Aligator Jumbo kepada warga binaannya.

Menurut Kakanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono, langkah ini adalah respons terhadap permintaan masyarakat yang terus meningkat akan alpukat. "Kami berupaya memberikan pembinaan dan keterampilan kepada warga binaan agar mereka bisa memberikan kontribusi positif ketika kembali ke masyarakat," ujarnya.

Pemilihan budidaya Alpukat Aligator dipilih berdasarkan riset pasar yang menunjukkan bahwa masyarakat semakin peduli dengan kesehatan dan banyak mencari buah-buahan yang cocok untuk diet. 

"Varietas ini dipilih karena menarik dan diminati banyak orang, terutama karena ukurannya yang besar dan cocok untuk konsumsi selama diet," tambahnya.

Sementara itu, Kalapas I Surabaya, Jayanta menyebutkan bahwa nantinya pelatihan budidaya alpukat aligator akan diikuti oleh 40 orang warga binaan. Pihaknya akan memanfaatkan beberapa lahan yang belum dimanfaatkan di area lapas yang luasnya mencapai 14 hektare itu.

"Sebelumnya sudah ada beberapa program pelatihan ketrampilan dan kemandirian yang sudah berjalan, baik yang dijalankan individu maupun dengan mitra, akan tetapi masih di temui beberapa lahan kosong yang kurang produktif, ini yang coba kami optimalkan," urai Jayanta.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut