get app
inews
Aa Read Next : ITB Terlibat Kontroversi Aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi KPU, Rektor Masih Tutup Mulut?

Badai Tornado Ngamuk di Rancaekek dan Sebagian Wilayah Sumedang, 29 Orang Luka Bangunan Rusak Parah

Kamis, 22 Februari 2024 | 11:53 WIB
header img
Terlihat Badai Tornado Ngamuk di Rancaekek dan Sebagian Wilayah Sumedang. Foto iNewsSurabaya/Okezone

BANDUNG, iNewsSurabaya.id - Sebuah kejadian mengerikan melanda wilayah Rancaekek, Kabupaten Bandung, dan sebagian wilayah Sumedang pada Rabu (21/2/2024) sore, ketika angin puting beliung dahsyat muncul dengan kekuatan yang menghancurkan.

Menurut laporan, sejumlah bangunan hancur, pohon tumbang, truk terguling, dan sepeda motor terjatuh akibat terjangan angin puting beliung tersebut. Total 29 orang dilaporkan mengalami luka-luka akibat peristiwa mengerikan ini.

Pakar klimatologi dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Erma Yulihastin, menggambarkan kejadian ini sebagai badai tornado, yang merupakan peristiwa langka di Indonesia. Melalui akun Twitter, Erma menegaskan prediksi "extreme event" pada 21 Februari 2023, yang kini terbukti benar.

"Kronologi foto-foto dan video dari masyarakat dan media sangat membantu periset dalam mendokumentasikan extreme event yang tercatat sebagai tornado pertama ini," tulisnya.

Erma juga menyoroti perbedaan karakteristik antara tornado dan puting beliung, dengan menekankan durasi yang lama serta skala kekuatan angin yang lebih tinggi pada tornado. Tim periset BRIN sedang mempersiapkan rekonstruksi dan investigasi untuk memahami lebih lanjut penyebab dan dampak dari badai tornado ini.

"Badai tornado memiliki efek yang jauh lebih besar daripada puting beliung, dengan kecepatan angin minimal mencapai 70 km/jam dan radius yang lebih luas," tambahnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut