get app
inews
Aa Read Next : Khofifah Ajak Muslimat NU Jadi Garda Terdepan Turunkan Stunting dan Bangun Generasi Cerdas

Khofifah Sebut Memberi dan Mengulurkan Tangan Sangat Dianjurkan di Bulan Ramadan

Minggu, 17 Maret 2024 | 22:26 WIB
header img
Khofifah Indar Parawansa menyerahkan santunan untuk lansia Dhuafa sebagai amaliyah Ramadhan hari keenam di kediamannya di Jemursari, Surabaya. Foto/Dok FJN

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa menyebut, di bulan ramadan memberi dan mengulurkan tangan bagi yang membutuhkan sangatlan dianjurkan, terutama untuk lansia. 

Tokoh Nahdliyin Inspiratif versi Forkom Jurnalis Nahdliyin ini menyampaikan, dalam beberapa riwayat telah disebutkan bahwa doa para fuqoro termasuk doa yang diijabah oleh Allah SWT. Sehingga mengulurkan tangan pada mereka menjadi salah satu amalan yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan. 

“Kesalehan sosial itu kita bangun dengan berbagai macam ikhtiar. Kemarin kita berbagi dengan anak yatim maka sekarang kita lanjutkan juga dengan berbagi dengan lansia dhuafa,” tuturnya disela acara santunan untuk lansia Dhuafa, di kediamannya di Jemursari, Surabaya, Minggu (17/3/2024). 

Kegiatan yang digelar bersama PC Muslimat NU Kota Surabaya dan  Baznas Jatim tersebut sebagai amaliyah Ramadhan hari keenam. 

Total ada sebanyak 200 lansia dhuafa yang didatangkan dari berbagai daerah untuk diberikan santunan. Selain itu dalam kegiatan ini para lansia dhuafa tersebut juga diajak untuk beristighosah dan bersalawat bersama. 

Lansia dhuafa yang hadir dalam kegiatan ini mayoritas sudah di atas 60 hingga 92  tahun. Ada beberapa lansia bahkan yang hadir juga tampak mengenakan kursi roda sebagai alat bantu mobilitas. 

Secara khusus Khofifah menegaskan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu ikhtiar untuk meningkatkan kesalehan sosial dengan cara memperbanyak berbagi pada masyarakat yang membutuhkan. Dimana salah satu elemen tersebut adalah para lansia, dhuafa dan juga single parent. 

“Saya berharap kegiatan santunan pada dhuafa kali ini akan jadi bagian dari penguatan syahrur romadhon yang sering disebut sebagai syahrul jud atau bulan memberi dan juga disebut sebagai syahrul muwassah atau bulan mengulurkan tangan,” tegas Khofifah.

Dalam kegiatan ini, turut pula disupport oleh Baznas Jatim. Dimana para lansia dhuafa ini juga mendapatkan penyaluran dana zakat infaq dan sedekah dari Baznas Jatim.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut