get app
inews
Aa Read Next : Polres Sampang Dikepung Massa, Buntut Pemeriksaan Diduga Tak Sesuai Prosedur

Skandal Pungli Guncang Desa Lar-Lar, Warga Protes dan Lapor ke Polres Sampang

Selasa, 02 April 2024 | 03:32 WIB
header img
Warga Desa Lar-Lar Protes dan melaporkan adanya dugaan pungli ke Polres Sampang. Foto iNewsSurabaya/diwan

SAMPANG, iNewsSurabaya.id - Kontroversi mencuat di Desa Lar-Lar, Sampang, Madura, saat sejumlah warga menggeruduk Polres Sampang Senin (1/4/2024). Mereka menyalahkan oknum Pj Kepala Desa atas dugaan Pungutan Liar (Pungli) terkait pembuatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Ribuan warga disinyalir terjebak dalam tarif biaya yang tidak masuk akal, sebesar Rp500 ribu per sertifikat tanah. Ahmad Fauzi (30), salah satu warga, mengungkapkan bagaimana modus Pungli tersebut bekerja, awalnya menjanjikan biaya Rp150 ribu per sertifikat, namun ternyata meningkat menjadi Rp500 ribu setelah sertifikat jadi.

"Pada awalnya, kami dijanjikan biaya Rp150 ribu per sertifikat, namun setelah sertifikat selesai, biayanya naik menjadi 500 ribu," terangnya.

Tindakan tersebut mengecewakan warga yang sebelumnya percaya bahwa mereka akan mendapatkan sertifikat tanah dengan biaya terjangkau. "Ada sekitar 3.200 orang yang mengurus sertifikat tanah, dan kami tidak menyangka biayanya akan meningkat menjadi Rp350 ribu per sertifikat," ungkap Fauzi.

Sementara itu, Samlawi, seorang warga yang juga peserta PTSL, merasakan tekanan untuk membayar biaya yang tidak wajar. "Setelah sertifikat jadi, saya terpaksa membayar total Rp500 ribu, dan itu pun dengan tekanan," keluhnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut