get app
inews
Aa Read Next : Kendaraan Listrik di Indonesia, Potensi dan Tantangan bagi Ekonomi Menurut Pakar Unair

Daluang Creator Academy Lahirkan Kreator Ramah Lingkungan

Senin, 29 April 2024 | 13:25 WIB
header img
Kelas yang diselenggarakan selama sehari ini merupakan kolaborasi antara Studio Daluang dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Jawa Timur (DEKS Space), di Ciputra World Surabaya. Foto/ Studio Daluang

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Studio Daluang Surabaya kembali mencetak kreatornya. Kali ini, dalam rangkaian program Daluang Creator Academy mempersembahkan konsep kekaryaan pada aktivisme lingkungan bertajuk Eco Print dengan konsep Intimate Class.  

Kelas yang diselenggarakan selama sehari ini merupakan kolaborasi antara Studio Daluang dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Jawa Timur (DEKS Space), di Ciputra World Surabaya. 

Para peserta berasal dari usia yang beragam dan dilatarbelakangi oleh berbagai bidang pekerjaan. Ada yang masih siswa, karyawan, pebisnis, dan wirausahawan. 

Mereka berkumpul dalam kelas yang menawarkan pengalaman langsung dalam proses pembuatan eco print.

"Ini adalah langkah kami dalam memperluas pengetahuan tentang eco print dan mendorong kesadaran lingkungan," kata Syah Laksmi, inisiator kelas. 

"Dengan konsep intimate class, kami berusaha memastikan bahwa pengetahuan ini dapat disampaikan dengan baik kepada para peserta, dan melalui sesi praktek, mereka dapat merasakan pengalaman langsung dalam proses pembuatan eco print," lanjutnya.

Materi tentang pentingnya dan proses pembuatan eco print disampaikan oleh narasumber Rafi Sirajuddin Ahmad. 

Rafi menjelaskan mengapa eco print menjadi alternatif yang penting dalam mengurangi dampak negatif pewarna tekstil terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. 

Ia juga membeber data terkait penelitian dari berbagai riset, baik nasional maupun internasional. 

Hal tersebut dimaksudkan untuk mempertebal pemahaman peserta terkait pentingnya mengurangi penggunaan pewarna tekstil dalam seni kriya termasuk fashion. 

"Ecoprint memiliki keunggulan sebagai solusi yang mudah, murah, ramah lingkungan, dan terbarukan," ujarnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut