get app
inews
Aa Read Next : Jalan Utama Surabaya Macet, Konvoi Peringatan Hari Buruh May Day

Awan Cumulonimbus Sebabkan Hujan Es di Surabaya

Senin, 21 Februari 2022 | 23:06 WIB
header img
Hujan es disertai angin kencang mengguyur beberapa wilayah di Kota Surabaya sehingga membuat warga panik (Foto: Ist)

SURABAYA, iNews.id – Hujan es yang terjadi di Kota Pahlawan membuat geger warga. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Klas 1 Juanda Sidoarjo akhirnya memberikan keterangan terjadinya hujan es tersebut.

Hujan es disertai dengan angina kencang ini telah mengguyur di beberapa wilayah yang ada di Kota Surabaya. Kontan saja, hujan es ini langsung viral di masyarakat, mereka mengetahui melalui video adanya hujan es mendadak. Dan tidak jarang mereka mengabadikannya.

Menurut BMKG, melalui akun instagram yang dimiliki. Hujan es yang terjadi ini secara keilmu meteorologi disebut  dengan hail. Hail sendiri adalah  hujan es prestipasi yang terdiri atas bola-bola es.

“Hujan es ini disebabkan oleh awan Cumulonimbus (Cb),” ungkap BMKG Klas 1 Juanda.

BMKG juga menjelaskan beberapa penyebab lain terjadinya hujan es di Surabaya, di antaranya ketika downdraft (aliran udara ke bawah) dari awan Cb cukup tinggi, didukung juga suhu permukaan atau daratan cukup dingin.

“Maka hujan dari awan Cb jatuh dalam bentuk butiran es,” jelas BMKG.

Menurut informasi, hujan es sebesar batu kerikil itu banyak terjadi di wilayah Surabaya Barat. Warga yang menyaksikan guyuran hujan es seketika mengabadikan melalui video, dan diunggah di media sosial.

 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut