get app
inews
Aa Read Next : Simbol Tolak Dukung Emil Dardak, Baliho Khofifah-Kharisma Bertebaran Di Jalanan

Khofifah Optimis Jawa Timur Bakal Jadi Pusat Gravitasi Ekonomi Indonesia

Selasa, 18 Juni 2024 | 12:28 WIB
header img
Aktifitas di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa optimis Jawa Timur bakal menjadi pusat gravitasi ekonomi Indonesia.

Gubernur Jawa Timur 2019-2024 itu menilai, perekonomian Indonesia banyak ditopang dari sektor maritim yang bermuara di dermaga. Mulai sektor kelautan, perikanan dan hasil budi daya tangkap lainnya.

Khofifah menjelaskan, di Jatim sendiri terdapat empat pelabuhan besar yakni Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Teluk Lamong, Pelabuhan Tanjung Wangi, Pelabuhan Boom Banyuwangi, Pelabuhan Kalianget dan Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo. 

“Peningkatan kapasitas dan layanan Pelabuhan sangatlah penting dilakukan karena pelabuhan itu memiliki peran sangat vital dalam menunjang kelancaran distribusi logistik dari dan ke wilayah Jatim serta dari dan ke berbagai negara," tegasnya memberikan respon terkait Hari Dermaga Nasional di sela sela menunaikan ibadah Haji, di Makkah, Selasa (18/6/2024). 

Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran peran penting dermaga dalam menggerakkan roda perekonomian Indonesia yang dikenal sebagai negara maritim.

Menurut Khofifah, dermaga memiliki arti penting bagi pusat perekonomian bangsa dan dunia. Sebagai Hub Indonesia Timur, Khofifah menyebut bahwa Jatim memiliki dua dermaga yang bisa mengangkut barang, orang maupun aktivitas perdagangan dengan skala besar. 

“Tanjung Perak di Kota Surabaya dan Tanjung Tembaga di Probolinggo merupakan bentuk kesiapan Jawa Timur dalam memenuhi pasar antar pulau dan meningkatkan aktivitas ekonomi,” katanya.

“Sebagai Negara Maritim, Indonesia terkenal memiliki banyak kapal-kapal yang berlabuh di dermaga untuk melakukan berbagai aktivitas ekonomi dan pariwisata,” tambahnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut