get app
inews
Aa Read Next : Kloter 106 Akhiri Pemberangkatan Jemaah Haji Embarkasi Surabaya ke Tanah Suci

Kepulangan Jamaah Haji Debarkasi Surabaya Membawa Kisah Haru, Begini Ceritanya

Selasa, 25 Juni 2024 | 05:20 WIB
header img
Jamaah Haji Debarkasi Surabaya mulai datang. Foto iNewsSurabaya/tangkap layar

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Para jamaah haji Debarkasi Surabaya mulai kembali ke tanah air dengan penuh haru. Hingga Senin (24/6/2024), sebanyak sembilan kelompok terbang (kloter) dengan total 3.333 orang telah kembali ke daerah masing-masing. Kloter terakhir yang tiba hari ini adalah kloter sembilan, yang mendarat di Asrama Haji Sukolilo Surabaya pukul 09.15 WIB.

Sekretaris PPIH Debarkasi Surabaya, Abdul Haris, menjelaskan bahwa kloter sembilan terdiri dari para jamaah haji asal Kabupaten Lamongan. Awalnya, kloter ini berjumlah 371 orang, namun seorang jamaah wafat pada Sabtu (22/6/2024) sehingga hanya 370 orang yang kembali. 

"Alhamdulillah, hari ini kloter 9 telah tiba dengan selamat dan menjadi kloter penutup untuk hari ini," ujar Haris.

Kabar duka datang dari Abdul Haris yang mengabarkan bahwa seorang jamaah kloter sembilan wafat empat jam sebelum kepulangan akibat gangguan pernapasan. 

"Semoga almarhum husnul khotimah. Kami berdoa agar istri dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan keikhlasan," tambahnya.

Haris juga menyampaikan bahwa kesehatan almarhum memang menurun beberapa hari terakhir, sehingga prosesi melontar jumroh dan thawaf ifadah terpaksa dibadalkan. Hingga hari ini, jumlah jamaah haji Debarkasi Surabaya yang wafat mencapai 41 orang, sementara secara nasional tercatat 235 orang.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut