get app
inews
Aa Read Next : Seminar Kolaboratif Parenthink Academy dan CESGS Unair Bongkar Sistem Pendidikan Zaman Rasulullah

Kisah Haru di Balik Restorative Justice, Sepasang Kekasih di Surabaya Tinggalkan Bayi Karena Desakan

Kamis, 05 September 2024 | 15:40 WIB
header img
Sepasang Kekasih di Surabaya Tinggalkan Bayi Karena Desakan Ekonomi. Foto iNewsSurabaya/lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Upaya mempertemukan keadilan dan kemanusiaan, Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya menerapkan restorative justice (RJ) pada kasus penelantaran bayi yang melibatkan pasangan muda, Muhammad Haviv Setiadi (26) dan Nurul Afiyah (24). Proses perdamaian yang penuh haru ini digelar di Rumah RJ, Fakultas Hukum Universitas Airlangga (Unair), Kamis (5/9/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Surabaya, Ali Prakosa, kedua tersangka, serta keluarga dari masing-masing pihak. Dalam kasus ini, Muhammad dan Nurul dijerat dengan Pasal 77B Jo Pasal 768 UU RI No. 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara.

Kasus bermula dari hubungan cinta antara Muhammad dan Nurul yang berencana menikah. Namun, rencana tersebut terhalang oleh kehamilan Nurul di luar nikah. Ketakutan akan reaksi orang tua membuat pasangan ini memutuskan untuk tinggal bersama di kost. 

Setelah kelahiran bayi mereka, masalah keuangan mulai menghimpit. Nurul harus cuti melahirkan, sehingga gajinya dipotong, sementara kontrak kerja Muhammad di restoran cepat saji berakhir.

"Kami benar-benar tidak tahu harus bagaimana, semua serba sulit," ungkap Muhammad. Dengan hati yang berat, mereka meninggalkan bayi perempuan mereka yang baru berusia tiga bulan di depan rumah orang tua Muhammad di Bratang Gede, berharap keluarga bisa merawat sang bayi.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut