get app
inews
Aa Read Next : Maxy Academy Gembleng Mahasiswa Universitas Ma Chung dengan Business Model Canvas

Danton Prabawanto Berbagi Tips Buat BMC Langsung pada Summer Camp ITS

Minggu, 30 Juni 2024 | 12:29 WIB
header img
Danton Prabawanto, Founder Beon Intermedia Group saat mengisi kegiatan Kick off Summer Bootcamp TDC ITS, Sabtu (29/6/2024). Foto/Jagoan Hosting

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Seiring berkembangnya waktu dan teknologi, anak-anak muda, utamanya mahasiswa tak sedikit yang mulai berwirausaha. 

Potensi ini menjadi angin segar bagi perekonomian di Indonesia. Sehingga, pemerintah banyak mencanangkan program khusus, misalnya Wirausaha Merdeka yang sudah diikuti oleh 38.871 mahasiswa pada tahun 2023.

Padahal, menjadi seorang pengusaha bukan hal yang mudah. Banyak tantangan yang harus dilewati. Mulai membuat perencanaan bisnis, motivasi hingga ‘senjata’ apa yang akan digunakan. 

“Untuk itu, saat ingin menjadi pengusaha, motivasinya harus kuat dulu. Jadi pengusaha itu tidak mudah. Entrepreneur itu bukan kaitan kita lagi bikin apa atau produk kita apa, tapi orangnya, mau tumbuh berkembang apa tidak,” kata Danton Prabawanto, Founder Beon Intermedia Group saat mengisi kegiatan Kick off Summer Bootcamp TDC ITS, Sabtu (29/6/2024).

Menurut Danton, setiap pengusaha harus banyak belajar hal-hal baru. Saat menjadi pengusaha, jangan pernah jadikan pendapatan sebagai landasan membangun bisnis. Melainkan, untuk meningkatkan kapasitas diri.

“Dalam hal ini yang paling penting adalah proses pembelajaran sehingga bisa dapat experience. Sehingga, bisnis apapun yang dijalankan bisa lebih mudah sustain,” kata dia.

Kemudian, pembelajaran lain yang dilakukan adalah mempelajari berbagai teori. Saat membangun usaha pertama, Danton mulai mempelajari teori SWOT analysis dan blue ocean strategy. 

“Dalam teori blue ocean strategy, ada perspektif baru dalam bikin bisnis, yaitu buat satu dunia tidak ada saingannya. Ketika kita menyelam di blue ocean, masih banyak ikan yang bisa dipancing. Sehingga membuat kompetitor tidak relevan,” ungkapnya.

Saat membangun Jagoan Hosting, sudah ada beberapa jasa hosting yang melakukan penawaran teknis. Namun, saat muncul di tahun 2007, Danton menyasar market pebisnis dan melakukan strategi marketing tanpa unsur teknis. Sehingga, bisa sustain seperti sekarang.

Selanjutnya, Danton juga memberikan pembelajaran langsung untuk membuat Business Model Canvas (BMC). Jika betul-betul dipelajari, maka akan lebih powerful dalam menjalankan bisnis. 

“Mengisi BMC bisa darimana saja. Bisa dari channel dulu, activities dulu, value dulu, key partner dulu, atau resources dulu. Tidak penting benar atau salah isi BMC, yang penting tahu apa tujuannya. Jangan asal isi,” tegas Danton. 

Selain itu, dalam membangun bisnis, juga harus pandai membuat atraksi yang mampu menarik target marketnya. 

Sebagai salah satu contoh, dalam booth mahasiswa di kegiatan tersebut, ada yang tak pernah sepi pengunjung karena ada atraksi fotografi.

“Ini menarik untuk menggaet target market. Sedikit berbeda lebih baik dari sedikit lebih baik,” kata pria yang juga menjadi penggiat startup sejak tahun 2015 itu.

Untuk itu, ia berpesan kepada anak muda, utamanya gen-z yang ingin membangun usaha agar tak mudah menyerah, memperkuat motivasi diri dan tak malas untuk belajar.

“Ilmu basic tidak akan tergantikan dengan yang baru, malah akan menjadi relevan dan lebih lengkap dengan ilmu baru,” tandas dia.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut