get app
inews
Aa Read Next : Transformasi Ekonomi Sumenep: Keberhasilan Achmad Fauzi Terlihat, Pariwisata dan UMKM Menonjol

Tingkatkan Produksi UMKM, Mahasiswa Untag Surabaya Kembangkan Alat Spinner Peniris Minyak

Selasa, 23 Juli 2024 | 03:06 WIB
header img
Alat yang disebut Spinner Peniris Minyak ini dirancang untuk mengurangi kadar minyak pada kripik singkong setelah digoreng. Foto: Mesy Rino

MOJOKERTO, iNewsSurabaya.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sub Kelompok 8 R-7 Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya berhasil meningkatkan efisiensi produksi UMKM kripik singkong di Dusun Boyo, Desa Bening, dengan memperkenalkan alat peniris minyak berteknologi tepat guna (TTG).

Alat yang disebut Spinner Peniris Minyak ini dirancang untuk mengurangi kadar minyak pada kripik singkong setelah digoreng. Selain meningkatkan kualitas produk, alat ini juga mempercepat proses produksi.

Ivandra Reza Rusfandi, mahasiswa Teknik Elektro dan selaku ketua pelaksana program, menjelaskan bahwa alat ini terbuat dari bahan-bahan yang murah dan mudah didapat, sehingga mudah diaplikasikan oleh pelaku UMKM.

“Melalui program kerja ini mitra UMKM Kripik singkong dapat memiliki pemahaman lebih luas dari alat tersebut, khususnya dibidang teknologi tepat guna karena banyak keuntungan yang positif yang didapat ketika mengimplementasikan program kerja yang sudah dibuat dilapangan.” Kata Ivandra

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut