get app
inews
Aa Read Next : Mudik Asyik BUMN 2024, PT Pegadaian XII Surabaya Berangkatkan 200 Orang, Ini Rutenya

Pelaku Illegal Logging Berhasil Dibekuk di Banyuwangi

Rabu, 02 Maret 2022 | 08:56 WIB
header img
Kayu yang berhasil diamankan aparat petugas yang bertugas bersama-sama

BANYUWANGI, iNews.id - Kepala Resort Resort pemangkuan hutan (KRPH) Senepo Utara, BKPH Pesanggaran Perhutani KPH Banyuwangi Selatan dibantu anggota Unit Reskrim Polsek Bangorejo melakukan pengejaran terhadap pelaku illegal logging. Pengejaran membuahkan hasil, salah satu warga diketahui menangkut kayu jati menggunakan gerobak motor.

Saat mengangkut kayu jati diduga berasal dari kawasan Perhutani RPH Senepo Utara petak 49 d-2 kelas hutan KU VI. Pelaku diketahui sedang mengangkut kayu jati menggunakan gledekan atau gerobak yang diterik oleh sepeda motor. Namun pada saat membawa gerobak muat kayu jati diduga hasil curian dari hutan Perhutani, begitu melihat rombongan petugas pelaku melopat dan melarikan diri, hingga kejar-kejaran seperti main film action.

Pelaku illegal logging, berhasil meloloskan diri dari sergapan petugas Perhutani dan tim unit reskrim dari Polsek Bangorejo. Sehingga sepeda motor Suzuki Crystal warna hitam tanpa nomor polisi dan gerobak beserta kayu jati berhasil disita oleh petugas gabungan. 

Setelah dilakukan pengajaran oleh tim gabungan, akhirnya pelaku illegal logging tersebut berasil dibekuk oleh jajaran Petugas yang di pimping langsung oleh Kepala Unit Reskrim Polsek Bangorejo, IPTU Wikyo Asmoro. "Usut punya usut, setelah pasca kejadian mengangkut kayu jati hasil curian itu, pelaku bersembunyi di salah seorang temannya diseputaran wilayah Sumberayu, Kecamatan Muncar," kata IPTU Wikyo Asmoro. 

"Wikyo Asmoro, menambahkan bahwa pelaku ilegal logging yang bernama PS (54) asal warga Dusun Seloagung, Desa Siliragung,  Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi tersebut meringkuk disel tahanan Mapolsek Bangorejo, untuk mempertanggung jawabkan atas perbuatan melakukan pencurian kayu jati diwilayah hutan Perhutani KPH Banyuwangi Selatan," ungkapnya.


Pelaku Illegak Logging yang berhasil diamankan aparat petugas yang bertugas bersama-sama

Asisten Perhutani/KBKPH Pesanggaran, Supani Nurcahyono membenarkan penangkapan pelaku illegal logging, Selasa (1/3/22) sekitar pukul 14.00 Wib, tepatnya di timur jembatan kemloso oleh anggota dalam penangkapan itu dipimping langsung Kanit Reskrim. Selanjutnya digelandang di Polsek Bangorejo untuk proses penyidikan lebih lanjut.

Kapolsek Bangorejo, AKP Mujiono, membenarkan pelaku ilegaloging bernama PS yang sempat meloloskan diri saat ditangkap petugas. Namun saat ini pelaku itu sudah Kita tangkap beserta barang bukti berupa kayu jati bentol log/gelondong dengan ukuran diameter masing - masing 22 cm, panjang 200 cm. Selain itu petugas juga mengamankan baru bukti yang lain yaitu 1 unit SPM merk Suzuki crystal warna hitam tanpa nomor Polisi dan 1 unit gledekan yang diduga untuk mengangkut kayu jati hasil curiannya,"akunya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut