get app
inews
Aa Read Next : Terhubung dari Bumi Perkemahan

Pola Asuh Mindful Parenting dan Cara Menerapkannya pada Anak

Kamis, 05 September 2024 | 13:23 WIB
header img
Pola asuh anak membutuhkan kesadaran penuh dari orang tua saat berinteraksi dengan anak. Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Setiap orang tua memiliki cara yang unik dan mencerminkan nilai dan aspirasi mereka. Namun harus diingat, bahwa penting untuk menjauhi pendekatan toxic dalam pengasuhan yang dapat menghambat perkembangan anak. 

Terdapat mindful parenting, yang berfokus pada kesadaran dan kelembutan, mendukung pertumbuhan anak secara emosional dan intelektual, serta mempererat hubungan orang tua-anak, menciptakan ikatan yang hangat dan penuh perhatian.
 
Rendra Yoanda, Psikolog Klinis Anak dan Remaja, yang saat ini juga mengemban peran sebagai Konselor dan Vice Principal SD di Sekolah Cikal Amri Setu membagikan penjelasan lengkap mengenai mindful parenting dan cara penerapannya pada anak.

Ia menjelaskan, mindful parenting merupakan pola asuh yang mengutamakan kesadaran penuh dari orang tua saat berinteraksi dengan anak. Pola asuh mindful ini akan mendorong orang tua untuk lebih fokus dan responsif, sehingga dapat memahami kebutuhan anak dengan lebih baik. 

“Mindful Parenting dapat didefinisikan sebagai pendekatan dalam dunia pengasuhan yang menekankan pentingnya mindfulness bagi orang tua, yakni hadir dengan kesadaran penuh di saat sekarang (right here, right now), dalam berinteraksi dengan anak mereka. Dengan menjadi mindful, orang tua akan lebih fokus sehingga bisa mendengarkan dan memahami secara penuh apa yang terjadi pada anaknya, dirinya, dan dinamika interaksi yang terjadi di antara mereka,” ujarnya.

Rendra juga menambahkan bahwa dengan menjadi mindful, orang tua bisa menyadari segala sesuatu yang terjadi dan merespon dengan cara yang lebih adaptif dalam memenuhi kebutuhan anak.

5 Cara yang Bisa Diterapkan untuk Menjadi Orang Tua yang Mindful

Menjadi orang tua yang mindful dapat menjadi tantangan bagi beberapa orang tua, meski begitu, bukan berarti tidak bisa dilakukan. Menurut Rendra, terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan untuk menjadi orang tua yang mindful, seperti:

1. Menjadi Pendengar yang Aktif

Orang tua menyimak dengan teliti, memahami tanpa prasangka, dan menghargai setiap momen tanpa terburu-buru memberikan respon seperti apa.

“Orang tua hadir secara sadar dan penuh mendengarkan serta memperhatikan setiap perilaku anaknya tanpa menginterupsi ataupun sibuk memikirkan rencana respon yang akan diberikan seperti apa.” kata Rendra.

2. Sadar Akan Emosi yang Ada di Dirinya

Saat orang tua peka dan mampu mengenali emosi mereka dengan baik, artinya mereka dapat memvalidasi emosi anak dan memberi feedback yang dibutuhkan. 

“Orang tua yang menyadari emosi-emosi di dirinya, termasuk di dalamnya hal-hal yang mungkin memicu emosi tertentu, akan lebih bisa memahami emosi anaknya ketika berinteraksi. Sebagai dampaknya, mereka akan mampu memberikan respon yang bijak, bukan reaksi yang impulsif.” ungkap Rendra.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut