Kemudian juga ada Autonomous Rail Rapid Transit (ART) untuk rute ITS, Pasar Turi hingga Bangkalan. Kemudian ada SRRL untuk Surabaya menuju Sidoarjo, dan juga ada BRT yang sudah realisasi di Surabaya dan juga ada Trans Jatim.
“Dari Bank Pembangunan Jerman (KfW) telah mendanai proyek Surabaya Regional Railway Line (SRRL) rute Surabaya-Sidoarjo dengan nilai Rp3,6 Trilliun,” tegasnya.
Proyek kereta listrik SRRL rute Surabaya-Sidoarjo ini dipastikan akan segera dimulai. Rute kereta listrik SRRL Surabaya-Sidoarjo yang segera mulai lelang ini merupakan fase pertama dari proyek besar SUMP di wilayah Gerbangkertasusila tersebut ditargetkan akan mulai beroperasi pada tahun 2029.
Surabaya Metropolitan Area meliputi pembangunan jalur ganda Mojokerto – Sepanjang pada 2021–2024, SRRL double track Fase 1A Gubeng – Sidoarjo pada 2025-2027, ART serta MRT. Sebenarnya, proyek angkutan massal ini dilakukan di enam kota besar di Indonesia, yaitu Surabaya, Medan, Ujung Pandang, Semarang, Bandung, Denpasar. “Tapi dari enam kota besar itu, baru Jatim yang memiliki dokumen SUMP,” tegas Nyono.
Editor : Arif Ardliyanto