Adapun kategori consumer goods seperti produk kecantikan, kesehatan dan kebutuhan dapur menjadi kategori produk paling banyak yang terjual dari penjual yang berbasis di Jawa Timur.
Dalam Gerakan AKAR Digital Indonesia untuk Jawa Timur, peningkatan literasi eCommerce dilakukan melalui penyuluhan #BelanjaAman dan #BelanjaNyaman di platform perdagangan digital, serta penyuluhan tentang perdagangan digital untuk UMKM offline agar bisa bertranformasi digital dengan mulus.
Untuk upaya peningkatan daya saing UMKM di di Jawa Timur, Lazada telah mengembangkan pembelajaran eCommerce berbasis komunitas yang dinamakan Lazada Club, yang kini telah tersedia tiga kota di Jawa Timur.
Program onboarding serta pendampingan untuk peningkatan kualitas produk serta pemasaran juga ditawarkan bagi UMKM yang baru bergabung dalam ekosistem ekonomi digital.
Sementara untuk peningkatan infrastruktur ekonomi digital, Lazada akan melakukan ekspansi jaringan digital, mulai dari membangun jaringan Lazada Logistics ke daerah hingga memperkenalkan berbagai fitur dan layanan perdagangan digital yang berada dalam ekosistem, termasuk diantaranya kemudahan akses kepada kredit UMKM yang disediakan oleh mitra Lazada.
“Sesuai dengan misi kami untuk mempercepat kemajuan di Indonesia melalui perdagangan dan teknologi, kami berkeinginan agar Gerakan AKAR Digital Indonesia ini bisa menjadi mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya di Jawa Timur," terang Ferry
Kedepannya, Ferry berharap pihaknya bisa berkolaborasi dengan lebih banyak elemen pemerintah, organisasi, maupun sektor swasta di wilayah lainnya di Indonesia untuk bisa bersama memajukan ekosistem ekonomi digital yang inklusif di Indonesia.
Editor : Ali Masduki