get app
inews
Aa Read Next : Pokemon Playlab Hadir di Surabaya, Tempat Belanja Bertema Pokemon Terlengkap

Penemuan Sejarah, Tablet Ternyata Berasal dari Kutukan, Ini Penjelasan Ahli

Rabu, 06 April 2022 | 06:00 WIB
header img
Para arkeolog yang bekerja di Tepi Barat dan menemukan lembaran timah berbahasa Ibrani dengan usia 3.200 tahun. Lembaran timah yang seukuran perangko yang disebut para arkeolog sebagai tablet kuno

Jika ini benar, maka ini adalah penemuan prasasti dengan teks Ibrani paling awal dan yang pertama mengandung nama Tuhan dalam bahasa Ibrani. Namun, beberapa arkeolog yang tidak terlibat dalam penemuan tersebut mengatakan tidak dapat menilai penemuan tersebut sampai rinciannya dipublikasikan dalam jurnal ilmiah.

Pemimpin proyek Scott Stripling, seorang arkeolog dan direktur penggalian untuk Associates for Biblical Research (ABR) yang berbasis di AS, mengatakan timnya menemukan tablet kutukan itu tinggi di Gunung Ebal, tepat di utara kota Nablus, pada bulan Desember. 2019. Stripling dan rekan-rekannya mengumumkan penemuan itu pada konferensi pers di Houston, Texas, pada 24 Maret.

Dikutip dari Live Science, rincian tablet kuno ini berupa lembaran timah yang dilipat setinggi dan lebar 2,5 x 2,5 sentimeter. Ada 40 huruf proto-abjad, tertulis dalam bentuk awal bahasa Ibrani atau Kanaan pada permukaan luar dan dalam dari lembaran timah yang dilipat. Isi tulisan itu memperingatkan apa yang akan terjadi jika seseorang di bawah suatu perjanjian, yang mengikat secara hukum, tidak memenuhi kewajiban mereka.

"Terkutuk, terkutuk, terkutuk - dikutuk oleh Tuhan Yahweh," demikian isi tulisan itu menggunakan bentuk tiga huruf dari nama Ibrani Tuhan yang sesuai dengan huruf Inggris YHW.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut