get app
inews
Aa Read Next : Indonesia Berduka, Jejak Sang Penerobos Rizal Ramli Telah Berpulang, Ini Catatan Perjalanan Karirnya

Kecerdasan Rizal Ramli, Anti Tesis Kepemimpinan Jokowi

Sabtu, 14 Mei 2022 | 11:58 WIB
header img
Rizal Ramli. (Foto: Dok Pribadi)

SURABAYA, iNews.id - Pendiri sekaligus Komisaris Lembaga Survei Kedai Kopi, Hendri Satrio, menyebutkan sinyalemen pergeseran kriteria calon presiden untuk pengganti Jokowi pada 2024. 

Menurut dia, jika sebelumnya masyarakat menginginkan presiden yang merakyat dan cerdas, sekarang kriteria cerdas menjadi lebih dominan.

"Perubahan ini menarik, artinya masyarakat sudah berpindah ke calon presiden yang the next Jokowi. Jadi kalau Jokowi merakyat, sekarang coba dicari yang cerdas dan merakyat,“ kata dia dikutip dari Tempo. 

Merujuk pada pengamatan tipologi pemimpin tersebut, maka dinamika gaya kepemimpinan nampak sepanjang kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jokowi hingga presiden 2024 mendatang. 

Tokoh Nasional Rizal Ramli mengatakan bahwa Jokowi merupakan anti tesis SBY. "Mulai dari content, style, gesture adalah Jokowi," ungkap RR. 

Sementara itu, publik justru menilai bahwa RR adalah ante tesis Jokowi. Ia bukan sekedar hadir untuk rakyat. Lebih dari itu. 

RR adalah sosok cerdas dengan sederet sepak terjang kebijakan tepat sasaran. Mulai dari misi, konten, style, gestur, kepemimpinan, dia adalah anti tesis Jokowi. Dan RR mengakui nya. 

"Dari mission, content, style, gestures, leadership, anthesis Jokowi adalah RR," ujarnya. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut