get app
inews
Aa Read Next : Sasar Warga Perumahan Elit, Eddy Tarmidi Widjaja Dirikan Posko GAMA

Whisnu Sakti Buana: Pancasila Sudah Menjadi Rumah Kita yang ber-Bhineka Tunggal Ika

Senin, 30 Mei 2022 | 10:31 WIB
header img
Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Timur, Whisnu Sakti Buana. (Foto: Ali Masduki)

SURABAYA, iNews.id - Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Timur, Whisnu Sakti Buana mengatakan, sebagai sebuah ideologi, Pancasila sudah membawa budaya sebagai identitas negara.

Whisnu meyakini, kelima sila yang dikembangkan oleh pendiri bangsa terus bertahan menjadi ideologi utama rakyat Indonesia.

"Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhineka Tunggal Ika. Insya Allah sampai akhir zaman," kata Whisnu, (31/5/2022).

Dengan perbedaan budaya dan adat, kondisi tersebut dikatakan WS (Whisnu Sakti) bukan menjadi jurang pemisah antar kultur dan etnik.

"Semua menyatu, tidak ada lagi dikotomi dalam kehidupan masyarakat," imbuhnya.

"Tinggal bagaimana saat ini, pengaplikasian bisa menguat sampai pada lintas usia. Maksudnya, nilai-nilai Pancasila bisa terlaksana untuk generasi muda sekarang," tambah mantan Walikota Surabaya ini.

Dikatakan Alumnus ITS ini, Pancasila menjadi sebuah ideologi yang bermutu tinggi dan terbagi menjadi tiga dimensi. 

Salah satunya, Dimensi Realistis. "Yaitu penjabaran dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga sangat realistis dalam pengaplikasian disetiap kehidupan masyarakat," terang WS.

Ditengah gempuran asing mulai dari fashion, makanan hingga budaya sudah menggerus kondisi dikehidupan anak muda.

Hingga kekhawatiran klaim budaya asli Indonesia oleh asing sudah terjadi. "Nah kalau dibiarkan tanpa disadari sudah menjadi bentuk penjajahan dalam tanda kutip mental anak muda," kata WS.

Untuk mengantisipasi hal tersebut pendidikan menjadi dasar dalam membentuk ideologi. Sehingga doktrinisasi paham-paham radikal dapat dibendung.

"Untuk itu pemahaman setiap sila dalam Pancasila harus bisa teraplikasikan dengan baik oleh masyarakat. Termasuk generasi muda saat ini," tutur WS. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut