get app
inews
Aa Read Next : Target Ambisius Partai Gerindra, Ingin Kuasai 24 Daerah dalam Pilkada Serentak di Jatim

Warga Tengger Siapkan Ritual Mendak Tirta, Ini yang Dilakukan

Selasa, 14 Juni 2022 | 15:20 WIB
header img
Warga suku Tengger terus mempertahankan tradisi nenek moyang. Mereka bakal melakukan ritual mendak tirta atau ritual pengambilan air suci di air terjun madakaripura

PROBOLINGGO, iNews.idWarga suku Tengger terus mempertahankan tradisi nenek moyang. Mereka bakal melakukan ritual mendak tirta atau ritual pengambilan air suci di air terjun madakaripura, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo.

Ritual ini dilakukan sebagai upaya untuk mempersiapkan upacara Yadnya Kasada yang akan segera digelar. Dalam ritual tersebut, meski sudah ada kelonggaran prokes dari pemerintah. Pemangku adat setempat tetap membatasi jumlah masyarakat yang  mengikuti ritual. Ini dilakukan supaya pelaksanaan ritual mendak tirta dapat berlangsung khidmat.

Plt. Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko mengatakan budaya masyarakat Tengger tetap harus dipertahankan. Meski saat ini wisata Gunung Bromo sudah maju, karena menurutnya budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitar menjadi penunjang paling utama wisata Gunung Bromo.

"Termasuk pada ritual mendak tirta ini yang menjadi perhatian kami agar tercipta keseimbangan pembangunan dan ekonomi masyarakat sekitar," ujarnya.

Timbul menjelaskan kalau Gunung Bromo sendiri dinaungi oleh adat dan budaya masyarakat Tengger. Dan budaya tersebut tidak hanya terpusat pada Kecamatan Sukapura. Melainkan juga didukung oleh kecamatan lainnya yang merupakan suku Tengger.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut