Logo Network
Network

Ratusan Prajurit TNI AL Koarmada II Bersihkan Sampah di Pesisir Surabaya

Ali Masduki
.
Jum'at, 12 November 2021 | 12:02 WIB

SURABAYA, iNews.id - Prajurit TNI Angkatan Laut Komando Armada II bersama seluruh komponen masyarakat membersihkan sampah yang mengotori pantai di sisi Jembatan Suramadu sisi kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat (12/11/2021). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Laut Bersih (Prolasih) Koarmada II, yakni program kegiatan Karya Bakti TNI Angkatan Laut yang secara rutin dilaksanakan oleh Koarmada II. 

Prolasih kali ini difokuskan pada kondisi pantai di Kota Surabaya. Khususnya di bentang barat dan timur Jembatan Suramadu sisi Surabaya, yang menjadi salah satu ikon wisata bahari di Provinsi Jawa Timur, khususnya Kota Surabaya

Panglima Komando Armada II, Laksda TNI Iwan Isnurwanto, mengatakan Prolasih diadakan dengan tujuan terciptanya suatu wilayah maritim yang bersih, hijau dan asri serta bebas dari segala macam jenis sampah dan polutan, serta menjaga kelestarian biota laut yang ada di sekitarnya. 

"Koarmada II dalam melaksanakan Prolasih tidak sendirian, melainkan menggandeng seluruh komponen masyarakat dan bersinergi dengan kelembagaan Pemerintah dan non Pemerintah khususnya di Surabaya dalam rangka mewujudkan, menjaga serta melestarikan wilayah Kota Surabaya yang bersih dan hijau (Green and Clean)," katanya.

Selain aksi bersih-bersih, Prolasih TNI AL 2021 juga diwarnai dengan kegiatan Vaksinasi Maritim kepada 300 masyarakat pesisir di sekitar Kecamatan Kenjeran dan Bulak Surabaya. Serta Pemberian bantuan kemanusiaan dari Pangkoarmada II dan Wali Kota Surabaya kepada masyarakat nelayan setempat berupa sembako, alat kebersihan dan material kesehatan.

Terkait Prolasih TNI AL Tahun 2021, Pangkoarmada II menanggapi secara antusias dan meminta Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Koarmada II sebagai satuan pelaksana agar secara optimal mewujudkan program sosial tersebut, dengan menjalin sinergi bersama pemerintah setempat dan merangkul berbagai kalangan. 

'Kegiatan ini selaras dengan himbauan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, yakni Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa, dan negara," tandas Iwan.

(Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki)

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Bagikan Artikel Ini