Emil Dardak Sebut Teknologi Digital Jadi Kunci Keberhasilan UMKM

Ali Masduki
Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak berbicara dalam sharing teknologi Google terbaru di tahun 2022 di Institut Sains Terapan dan Teknologi Surabaya (ISTTS), Sabtu (30/7/2022). (Foto: Ali Masduki)

SURABAYA, iNews.id - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengatakan bahwa teknologi digital menjadi kunci keberhasilan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), karena akan mampu meningkatkan efisiensi maupun efektivitas.

Hal itu ia kemukakan ketika sharing teknologi Google terbaru di tahun 2022 di Institut Sains Terapan dan Teknologi Surabaya (ISTTS), Sabtu (30/7/2022).

Menurut Emil, ekosistem yang dihadirkan oleh Google memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk maju. Secara keseluruhan, banyak manfaat yang telah diwujudkan oleh ekosistem ini. 

Salah satunya yakni konten. Hal ini bisa masuk dalam sebuah sistem komersial karena ditopang oleh sistem monetisasi, yang kemudian dilatarlakangi keterkaitan oleh sebuah sistem pemasaran yang berbasis artificial intelligence (AI). 

Kata Emil, melalui konten tersebut sangat memungkinkan informasi user bisa diperoleh, sehingga pemasaran lebih terarah.

"Saya melihat ini sebuah peluang. Kalau dulu jika pebisnis akan beriklan pilihannya hanya di media massa. Dan ini kemungkinan yang bisa membayar hanya brand besar. Tapi sekarang siapun yang punya ide, bisa memulai skala apapun. Mereka bisa beriklan dengan menyesuaikan ketersediann buget yang difokuskan ke segmen pasar tertentu," tuturnya. 

"Ini juga sangat membantu banyak UMKM," ucapnya.

Sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian di daerah. Kontribusi UMKM terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) Jawa Timur bahkan mencapai 57,25%.

UMKM di Jatim memiliki ruang yang luar biasa untuk tumbuh, dikembangkan, dan diluaskan market-nya.

"Dengan digital marketing, terbuka sekali peluang untuk membuka penetrasi ke pasar lebih luas," ucap Emil. 

Perlu diketahui, GDG Surabaya IO Extended Web Edition 2022 and ML Study Jam yang digelar oleh Institut Sains Terapan dan Teknologi Surabaya (ISTTS) bekerjasama dengan Google Developer Group Surabaya ini untuk memeriahkan  Ulang Tahun ke-10 GDG Surabaya.

Sharing teknologi Google terbaru di tahun 2022 yang menampilkan pembicara dari Google Asia Pacific, Janice Tan sebagai keynote speaker dengan 7 narasumber lainnya tersebut membahas Web Technology, Machine Learning, Android, Angular, Cloud dan masih banyak topik menarik lainnya.

Lebih dari 200 developer, professional, dan mahasiswa menghadiri event ini. 


 

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network