Papua Terus Bergejolak, Tokoh Papua Surabaya Angkat Bicara

Ali Masduki
Ketua IKBPS Pieter Frans Rumaseb. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNews.id - Aksi sparatis dari segelintir orang hingga brutalnya Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di tanah Papua membuat masyarakat geram.

Hal itu juga mengusik tokoh Papua yang ada di kota Surabaya. Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya (IKBPS) akhirnya angkar bicara.

Ketua IKBPS Pieter Frans Rumaseb menuturkan, bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu menjunjung tinggi nilai dan adat budaya menjadi pilar dan kekuatan utama membangun negara. 

Hal tersebut, tak luput dari akar kebangsaan yakni persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia untuk membesarkan dan menerapkan ideologi berbangsa dan bernegara. 

"Atas teks diatas, maka Provinsi Papua yang merupakan salah satu dari Provinsi di Indonesia yang harus selalu bersikap dan patuh akan akar bangsa Indonesia untuk terus berkembang dan maju," kata Pieter, Jumat (12/8/2022).

Menurut Pieter, di kota Surabaya sendiri, banyak warga Papua yang hidup harmonis berdampingan dengan warga Surabaya.

Dinamika di Papua saat ini, lanjutnya, berbanding terbalik dengan situasi warga Papua yang merantau.

"KKB disana itu sebagian kecil. Warga Papua disini dimanapun sangat diterima oleh warga lainnya. Kita hidup berdampingan dengan harmonis," tegasnya.

Disisi lain, upaya pemerintah Republik Indonesia dalam memberikan pelayanan kepada warga Papua mendapat pujian dari Pieter.

Kata dia, sebagai anak bangsa Papua sendiri, sangat disayangkan jika terus mencoba memecah keutuhan dan garis kemerdekaan Papua yang sudah lama tertanam untuk bangsa Indonesia. 

"Saya kira ini penting untuk disampaikan agar masyarakat Indonesia, Papua khususnya, memahami betul, begitu cintanya negara kepada Papua. NKRI harga mati," tutup Pieter.

Berikut Pernyataan Sikap IKBPS :
 
1. Siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, pancasila dan UUD 45 dari pengaruh kelompok separatisme.

2. Mendukung penuh kebijakan pemerintah terkait DOB Papua untuk pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Papua

3. Mengajak Pelajar, Mahasiswa dan Masyarakat Papua untuk memberikan dukungan agar proses realisasi pemekaran Provinsi Baru di Bumi Cenderawasih Papua berjalan aman dan damai sebagai solusi kemajuan pembangunan di Tanah Papua.

4. Mendukung keberlanjutan pelaksanaan program otonomi khusus untuk Papua demi kemajuan pembangunan di tanah Papua.

5. Mengecam dan mengutuk keras aksi teror yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang melakukan pembunuhan dan kekerasan di tanah Papua.

6. Mendukung pemerintah, TNI dan Polri dalam menjaga ketertiban dan keamanan di Bumi Cendrawasih Papua.

7. IKBPS menghimbau kepada seluruh masyarakat, mahasiswa Papua agar terus menjaga idealisme berbangsa dan bernegara di bawah UUD, NKRI, dan Pancasila. 
 

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network