Paduan Suara ITS Menggema di Finlandia

Ali Masduki
Tim Paduan Suara Mahasiswa (PSM) tampil dalam JSFCC 2021. (Foto: iNewsSurabaya/HO/Ali Masduki)

SURABAYA, iNews.id - Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggema di Republik Finlandia. Yakni pada kompetisi Jean Sibelius Festival Choral Competition (JSFCC) 2021 yang diadakan di Finlandia, Rabu (17/11) lalu.

Dalam kompetisi ini, 35 anggota PSM ITS menyajikan 4 lagu. Diantaranya Ungewitter dengan komposer Robert Schumann, Io Piango dengan komposer Morten Lauridsen, Birds of Paradise dengan komposer Amilio Fahlevi dan Budi Susanto Yohanes, dan Pesona Alamku dengan komposer Gabriel Denis Devian.

Ketua PSM ITS, Rossa Valentine, mengatakan nyayian yang dibawakan oleh anggota PSM ini akhirnya dinobatkan sebagai juara II kategori Mix Youth Choir. JSFCC merupakan kompetisi paduan suara pertama yang diikuti oleh PSM ITS secara daring.

"Ini merupakan kompetisi daring pertama yang diikuti oleh PMS ITS," katanya.

Mahasiswi Departemen Teknik Informatika ITS ini mengungkapkan, diantara 4 lagu yang disajikan, ada satu lagu yang cukup membuat timnya bangga. Yaitu lagu Pesona Alamku. Pasalnya, lagu tersebut merupakan buah karya alumni PSM ITS. 

“Ini merupakan hal yang sangat spesial untuk kami bawakan, karena karya asli dari kami sendiri,” ungkapnya.

Nilai lebih lainnya, kata dia, PSM ITS mampu menampilkan koreografi yang apik dalam lagu Birds of Paradise.

Rossa mengakui, PMS ITS membutuhkan persiapan cukup panjang, karena lomba berbentuk live recording. Sejak tiga bulan sebelum pelaksanaaa, tim mulai mempersiapan program lagu yang akan dibawakan. Kemudian proses audisi peserta, hingga latihan komunal sejak dua minggu sebelum kompetisi. 

“Dibutuhkan kurang lebih tiga bulan persiapan untuk JSFCC ini,” tandasnya.
 

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network