Usung Revitalisasi Dakwah NU, PBNU Gelar Rakernas Lembaga Dakwah

Ali
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf mengarahkan Lembaga Dakwah (LD) PBNU agar membuat strategi dakwah yang menyeluruh. Foto/Istimewa

Gus Yahya juga menyampaikan tentang paradigma organisasi bahwa Lembaga Dakwah PBNU ini adalah badan pembuat kebijakan.

Nanti kebijakan itu akan dilaksanakan oleh instrumen-instrumen NU yang lain, terutama oleh badan-badan otonom.

Gus Yahya juga berpesan, Lembaga Dakwah PBNU harus punya kesadaran tentang segmentasi masyarakat yang beragam dan masing-masing membutuhkan metode atau pendekatan dakwah yang berbeda-beda.

Oleh karena itu harus ada pendekatan yang beragam juga. Maka pendekatannya tidak hanya dengan ceramah-ceramah saja, tapi juga dengan pendekatan-pendekatan lain yang lebih bisa efektif diterima oleh segmen masyarakat yang ada.

"Selanjutnya, harus disadari tentang kebutuhan untuk meragamkan platform dari kegiatan dakwah itu sendiri. Selama ini, NU lebih banyak mengelola platform-platform tradisional seperti pesantren dan pengajian umum. Tapi sekarang harus bisa dibangun strategi yang bisa menjangkau semua platform yang tersedia, terutama platform internet," ujar Gus Yahya.

Ia menegaskan, NU harus bisa memanfaatkan media sosial, halaman-halaman internet untuk platform dakwah.

Selanjutnya, yang dibutuhkan adalah wawasan yang lebih luas. Karena globalisasi yang sudah sedemikian rupa ini telah mengikat seluruh warga dunia yang tidak bisa terlepas dari dinamika global secara keseluruhan.

"Maka strategi dakwah juga harus menyadari posisinya dalam keseluruhan dinamika global, jadi ini prinsip-prinsip dari kebijakan-kebijakan yang harus dibuat di lembaga dakwah NU," jelas Gus Yahya.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network