Ini Kunci Timnas Australia Lolos 16 Besar Piala Dunia, Dibantu Keputusan Negara yang Sangat Jitu

Arif Ardliyanto
Timnas Australia lolos babak 16 besar Piala Dunia. Tidak mudah bisa lolos, butuh proses panjang untuk bisa menjadi negara dengan kekuatan bola di ASEAN. Foto Okezone

Menariknya, pada 2006 yang merupakan tahun terakhir Australia bermain di bawah OFC, mereka bisa mengalahkan Uruguay pada babak play-off Kualifikasi Piala Dunia 2006.
Pada 1 Januari 2006, Australia secara resmi menjadi anggota ke-46 AFC. Kemudian pada 27 Agustus 2013, mereka masuk sebagai anggota ASEAN Football Federation (AFF).

Dengan begitu, timnas Australia dan juga klub-klub Negeri Kanguru dapat berkompetisi di Asia. Sejak bergabung dengan AFC pada 2006, The Socceroos pun selalu lolos ke Piala Dunia.

Namun, meski sudah menjadi anggota AFC dan AFF, timnas Australia tidak berpartisipasi pada Piala AFF yang merupakan turnamen sepak bola negara-negara Asia Tenggara.

Sydney Morning Herald dalam artikel mereka pada 2019 menyampaikan bahwa Australia tidak diizinkan mengikuti Piala AFF (dulu bernama Piala Tiger) meski sudah menjadi anggota AFF sejak 2013.

Alasannya, timnas senior Australia dianggap terlalu superior jika dibandingkan dengan tim-tim Asia Tenggara lainnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network