Serap Aspirasi di Kampus UTM, Gus Muhaimin Ingin Kampus Dorong Kesejahteraan Masyarakat

Lukman
Gus Muhaimin serap aspirasi dan ide atau gagasan bertajuk Menjemput Pesan Kampus ini pertama kalinya digelar di Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Jawa Timur, Rabu (22/2/2023). Foto: MPI/Lukman

Rektor UTM Dr Safi' mengatakan, UTM lahir pada era Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang juga salah satu pendiri PKB. Sebelumnya, UTM berawal dari kampus swasta bernama Universitas Bangkalan Madura (Unibang). Pada era Presiden Gus Dur, diubah statusnya sebagai kampus negeri dan namanya menjadi UTM.

"Tugas kampus tidak bisa hanya melaksanakan tridharma perguruan tinggi, tapi kampus harus bisa berperan lebih dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat," ujarnya. 

Mantan Rektor UTM Dr Muh Syarif mengusulkan agar negara memiliki roadmap dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM). Sehingga kebijakan pemerintah dalam hal pendidikan tidak mudah berubah-ubah ketika terjadi perubahan rezim pemerintahan. 

"Jadi kita harus punya roadmap pembangunan SDM," tuturnya.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) UTM Surokim mengatakan, UTM adalah halaman depan atau etalase Pulau Madura. Karena itu, kemajuan Madura bisa dilihat seberapa maju UTM. 

"Kehadiran Gus Muhaimin di UTM, kami menitipkan pesan agar kedepan bisa direalisasikan pembangunan Islamic Science Technopark. Ini penting sebagai simbol perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Madura," ujarnya.

Presiden Mahasiswa (Presma) UTM Ahmad Roby Gunawan berharap kalangan muda diberikan peran yang lebih luas lagi di pemerintahan. 

"Sehingga kebijakan-kebijakan yang diambil bisa sesuai dengan kebutuhan kalangan muda yang jumlahnya sangat banyak," harapnya

Editor : Ali Masduki

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network