Indah Kurnia Ajak Warga Surabaya Gotong Royong Jaga Stabilitas Ekonomi

Ali
Anggota DPR RI Komisi XI Indah Kurnia bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Budi Hanoto, saat Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Papilio, Surabaya, Kamis (9/3/2023). Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

Budi mengingatkan, menjelang Ramadan dan Idul Fitri ini masyarakat harus waspada terhadap inflasi di Jawa Timur. Karena daging ayam ras, telor ayam ras, angkutan udara, bawang merah dan cabe merah diprediksi naik. 

"Point ini akan naik menyusul permintaan pasar yang tinggi. Maka belanjalah sesuai kebutuhan, gak berlebihan," kata dia.

Untuk mengendalikan inflasi, Budi menjelaskan bahwa ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Diantaranya mengoptimalkan pekarangan rumah tangga, dukungan pemerintah untuk budidaya pangan mandiri, gerakan mini green house, hingga kampanye belanja bijak.

Bank Indonesia sendiri berperan dalam pengendalian inflasi dengan berfokus pada pencapaian sasaran tunggal, yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa yang tercermin pada perkembangan laju inflasi.

Bank Indonesia bersama dengan Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP & TPID) terus berkomitmen dalam menjaga terkendalinya inflasi nasional. Hal tersebut diwujudkan melalui gelaran Sinergi Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (Gernas PIP).

Gernas PIP menjadi langkah komitmen bersama untuk mengoptimalkan langkah-langkah pengendalian inflasi dari sisi suplai dan mendorong produksi guna mendukung ketahanan pangan secara integratif, masif, dan berdampak nasional. Mencakup Perluasan Kerjasama Antar Daerah, Komitmen penyelenggaraan Operasi Pasar daerah rentan gejolak inflasi di wilayah Jawa, serta Implementasi Gerakan urban farming dan digital farming. 

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network