Indah Kurnia Ajak Warga Surabaya Gotong Royong Jaga Stabilitas Ekonomi

Ali
Anggota DPR RI Komisi XI Indah Kurnia bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Budi Hanoto, saat Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Papilio, Surabaya, Kamis (9/3/2023). Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

Budi menjelaskan, untuk menekan inflasi, BI punya jurus 4 K. Pertama, keterjangkauan harga. "Ini dilakukan dengan operasi pasar. Saat harga mulai naik maka dinas pertanian akan turun tangan. Barang-barang apa yang naik jadi harus tepat sasaran," kata Budi. Kemudian ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi yang efektif.

Dalam kesempatan yang sama, Pemerhati Ekonomi, Paring Waluyo, mengajak LPKM dan RT/RW kota Surabaya agar melihat potensi dilingkungannya masing-masing dengan mengalang gerakan menanam. Jika ada lahan sempit bisa dimanfaatkan untuk bertani. Antar RT bisa berkoordinasi tanaman apa yang bisa di budidayakan. Sehingga produk pertanian tidak sama. Misal, RT satu menanam cabe dan RT lainnya menanam tomat.

"Gerakan menanam ini penting. Wilayah RT/RW bisa dibagi akan menanam apa. Itu nanti bisa dipertukarkan," ucapnya.

Hal itu bisa untuk mengantisipasi jika ada sebagaian bahan makanan naik. Warga bisa mengatasinya dengan saling tukar barang dagangan hasil produksi setempat.

Editor : Ali Masduki

Sebelumnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network