Gunung Api Raung Kembali Normal, Wisatawan dan Warga Masih Dilarang ke Kawah

Siswanto
Badan Geologi di Banyuwnagi menyatakan aktivitasnya menurun dari waspada menjadi normal. Foto tangkap layar

BANYUWANGI, iNewsSurabaya.id – Wisatawan dan masyarakat sekitar Gunung Raung sedikit lega. Pasalnya, Badan Geologi di Banyuwnagi menyatakan aktivitasnya menurun dari waspada menjadi normal.

Penurunan ini terlihat karena kemarin pada 29 Juli 2022, Gunung Raung sempat dinyatakan naik ke level II atau waspad menjadi level 1 atau normal.

Kepala Badan Geologi, Sugeng Mujiynto melalui Ketua Pos Pengamatan Gunung Api (PPAG) Raung, Mukijo, saat dihubungi iNewsSurabaya.id menjelaskan, berdasarkan hasil pemantauan visual dan instensitas, maka terhitung 02 Mei 2023, pukul 12.00 WIB, tingkat aktivitas Gunung Raung diturunkan dari level II (Waspada) menjadi level 1 (Normal).

“Pemantauan secara intensif terus dilakukan untuk mengevaluasi aktivitas Gunung Raung. Dengan demikian kami terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah," kata Mukijo.

Ketua Pos Pengamatan Gunung Api (PPAG) Raung ini menambahkan, bahwa status kegiatan Gunungapi Raung akan dinaikkan jika terjadi peningkatan aktivitas. Sehubungan dengan tingkat aktivitas Gunung Raung normal (Level 1) maka direkomendasikan terhadap masyarakat, pengunjung, wisatawan dan pendaki tidak diperbolehkan mendekati kawah yang ada dipuncak dengan radius 500 M dan tidak boleh turun ke kawah.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network