18 Poin Pidato Anies yang Penuh Doa untuk Rakyat Indonesia

Ali
Anies Baswedan dalam acara Apel Siaga Perubahan Partai Nasdem di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (16/7/2023). Foto/Istimewa

8. Anies berdoa tentang lapangan pekerjaan yang dipanjatkan dalam bahasa Jawa. "Ya Allah, Gusti Ingkang Moho Agung, berikanlah seluruh warga Indonesia pekerjaan yang layak. Hidupkan pabrik-pabrik, sawah-sawah, dan kantor-kantor dengan aliran rezeki yang penuh berkah, yang hasilnya mendatangkan kebaikan bagi seluruh makhluk hidup yang ada di bumi, bukan mendatangkan kerusakan di darat, di laut dan di udara. Ramaikan perdagangan di kota dan di desa, di pelosok, di pesisir dan di pulau-pulau," harapnya.

Anies berdoa agar Allah memudahkan anak-anak muda mendapatkan pekerjaan, menjadi calon guru, calon insinyur, calon wartawan, calon programmer, calon atlet, calon seniman, calon pengusaha dan apapun yang baik yang mereka kehendaki. 

"Mudahkan mereka mendapatkan rumah milik sendiri, mendapatkan pasangan yang menenangkan dan saling melengkapi di saat yang tepat nanti," kata dia.

9. Anies mendoakan kaum difabel dan yang berkebutuhan khusus di negeri ini agar diberikan kemudahan mendapat kesetaraan kesempatan, kesetaraan dukungan, dan kesetaraan perlindungan. 

10. Doa untuk pekerja migran di luar negeri agar terlindungi  dan terhindar dari siksa, kejahatan, dan beban kerja yang tak manusiawi.

11. Doa bagi yang sedang terlilit utang dan sedang sakit. "Ya Allah Yang Maha Melepaskan dan Maha Pemberi Kecukupan, berikan kelapangan kepada kami yang sedang terhimpit hutang, baik kepada bank, lembaga keuangan, pinjol, atau bahkan rentenir. Kami berlindung kepada-Mu dari bingung dan sedih, dari lemah dan malas, dari lilitan hutang, penipuan dan tindakan sewenang-wenang. Bukakan pintu rezeki yang tak kami duga-duga, dan bebaskan kami dari kebutuhan-kebutuhan hidup yang mendesak dan datang tiba-tiba.

12. Anies mendoakan bagi yang sedang sakit fisik agar disehatkan dan berikan kesembuhan yang paripurna serta meminta kepada-Nya agar memudahkan para pemimpin untuk menyediakan layanan dan bantuan kesehatan hingga ke pelosok negeri.

13. Anies juga mendoakan para korban kekerasan. "Ya Allah Yang Maha Lembut dan Maha Melindungi, selamatkanlah para korban kekerasan, mereka yang terjebak dalam lingkungan yang menyiksa fisik dan batin mereka. Berikan mereka kekuatan dan jalan keluar, mudahkan mereka mendapat pertolongan dari aparat pemerintah, tetangga, rekan kerja, komunitas dan keluarga. Sembuhkan mereka dari luka dan trauma, bahagiakan hidup mereka, ya Allah. 

14. Tak ketinggalan, Anies secara khusus mendoakan untuk anak-anak. "Jadikanlah kami pelindung dan pengayom bagi mereka. Jangan biarkan satu anak pun di negeri ini merasakan kemiskinan yang menghimpit, ya Allah. Jangan biarkan satu anak pun di negeri ini merasakan kekerasan yang menimbulkan sakit, ya Allah. Mampukan kami menggendong setiap anak-anak kami dari Aceh hingga Papua, dari ujung Rote hingga Miangas, dengan selendang kasih dan sayang, ya Allah."

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network