Cerita Mahasiswa Palestina yang Kuliah di UM Surabaya Tentang Gempuran Israel : Sangat Mengerikan!

Ali Masduki
Sondos Jehad Shnewra, mahasiswa asal Gaza Palestina ikut aksi damai di UM Surabaya, Jawa Timur. Foto/UM Surabaya

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Konflik berdarah antara Palestina dan Israel tidak ada hentinya. Rudal-rudal yang dimuntahkan oleh Israel ke pemukiman menghancurkan rumah, sekolah, hingga rumah sakit.

Rakyat sipil baik dewasa, anak-anak dan perempuan meninggal dunia akibat serangan Israel ke Palestina.

Kisah mengerikan itu diceritakan oleh Sondos Jehad Shnewra, mahasiswa asal Gaza Palestina yang sedang menempuh studi Pascasarjana di UM Surabaya, Jawa Timur. 

Mahasiswa semester satu ini mengambil jurusan S2 Pendidikan Agama Islam dengan beasiswa Lazismu Jatim. Pilihannya mengambil pendidikan di Indonesia juga didorong penuh oleh keluarganya. 

Saat ditanya terkait tanggapan tragedi Palestina hari ini ia mengaku itu menjadi sesuatu hal yang sangat mengerikan.

“Saya punya trauma karena sejak kecil saya melihat kematian dimana-mana khususnya anak-anak dan perempuan. Keadaannya sangat tragis hingga hari ini," ujarnya usai mengikuti sholat gaib dengan ratusan mahasiswa dan seluruh civitas akademika UM Surabaya di Masjid kampus pada Jumat (13/10/23).

Sholat gaib tersebut sejalan dengan himbauan PP Muhammadiyah, agar umat Islam di Indonesia melaksanakan sholat gaib dan mendoakan agar perang di Palestina segera berakhir. Sehingga masyarakat dunia hidup damai dan sejahtera. 

Sondos berharap akan datang hari dimana negaranya terbebas dari ancaman dan tawanan musuh. Ia berharap dapat menjalani yang damai dan tentram.

Sementara itu Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) M Febriyanto Firman Wijaya mengatakan sholat gaib dan doa bersama menjadi salah satu dukungan seluruh civitas akademika kepada Palestina. 

Menurutnya konflik di Palestina menguras tenaga selama bertahun-tahun dan mengundang perhatian masyarakat global. 

“Semoga di masa mendatang perdamaian dan ketertiban bisa segera terwujud di seluruh dunia. Sehingga semua masyarakat dunia bisa hidup secara normal dan berdampingan secara damai,”ujar Riyan lagi.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network